Inspirasi Pencahayaan Di Kamar Tidur

Pencahayaan merupakan salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan dalam sebuah ruang, terutama ruang tidur utama. Sebab, pencahayaan yang tepat mampu menciptakan suasana nyaman sehingga waktu beristirahat Anda lebih berkualitas.

Selain general lighting yang ‘bertugas’ menerangi ruang secara menyeluruh, tahukah Anda bahwa ada banyak jenis pencahayaan dengan fungsi yang berbeda? Beberapa bentuk task lighting ini mungkin dibutuhkan untuk mendukung aktivitas di kamar tidur, seperti lampu baca atau lampu dekoratif sebagai aksen pembentuk suasana ruang. Pilih lampu dengan cahaya warna kuning atau putih kekuningan (warm white) untuk menciptakan suasana yang hangat dan nyaman.

Nah, untuk menghemat konsumsi listrik, sebaiknya gunakan lampu LED serta lengkapi dengan dimmer untuk mengatur intensitas cahaya sesuai dengan aktivitas yang sedang dilakukan.

Berikut ini adalah ide-ide aplikasi berbagai macam jenis pencahayaan untuk kamar tidur Anda.

General lighting

Karena berfungsi menerangi ruangan secara menyeluruh, maka general lighting biasanya ditempatkan pada plafon agar cahayanya merata ke seluruh ruang. Jenis pencahayaan ini bisa berupa lampu gantung ataupun tersembunyi di balik plafon gantung (indirect lighting), dan warna yang digunakan pun biasanya berwarna putih agar penerangan lebih jelas.

Adjustable lamp

Jenis pencahayaan yang dibutuhkan untuk aktivitas khusus seperti membaca, berganti pakaian atau berdandan. Oleh sebab itu gunakan cahaya yang lebih terang dengan renderasi warna (color rendering) yang tinggi seperti halogen, agar pencahayaan lebih jelas dan terfokus. Jenis pencahayaan ini biasanya terletak di atas meja nakas samping tempat tidur dan meja rias.

Accent lighting

Untuk menerangi artwork seperti lukisan, Anda bisa menggunakan accent lighting berupa lampu spotlight atau downlight. Gunakan lampu halogen untuk menampilkan warna yang lebih sempurna.

Selain berfungsi untuk menerangi suatu objek, accent lighting juga berguna sebagai pembentuk suasana. Pilih lampu berwarna neon seperti biru atau pink kemudian sembunyikan di bawah ranjang atau di balik headboard ranjang. Anda juga bisa memasang beberapa titik lampu dengan intesitas cahaya yang lebih rendah pada plafon. Pendar cahayanya menciptakan kesan dramatis yang indah, terutama saat lampu utama (general lighting) dimatikan.

Foto : Tim fotografer majalah Asri

LEAVE A REPLY