oleh

Inspirasi Taman dari buku Harmoni Hijau karya Ita Burhan

-Desain, Taman-796 views

Ita Burhan, salah satu Arsitek Lanskap Indonesia, bekerja sama dengan Majalah Griya Asri menerbitkan buku yang berisi karya-karya taman Ita Burhan. Buku itu diberi judul “Harmoni Hijau” yang diluncurkan secara resmi pada hari Rabu 23 Oktober 2013 di Balai Sarwono.

Dalam buku itu, Ita Burhan yang sudah 23 tahun menekuni profesi di bidang lanskap, menyajikan aneka karya-karya taman yang telah dirancangnya. Ada 27 karya yang disajikan dalam buku ini. Seluruh karya yang ditampilkan merupakan taman rumah tinggal dengan beragam skala ukuran, mulai dari taman kecil, taman sedang dan taman besar.

Ditampilkan dalam wujud galeri foto, setiap sudut taman yang ditampilkan dalam buku ini menampilkan kekuatan karakter yang dapat menjadi inspirasi pembaca yang sedang mencari referensi untuk desain taman.

Karakter taman hijau monokromatis menjadi kekuatan karakter yang mendominasi hampir seluruh karya Ita Burhan. Kecintaanya pada tanaman berdaun hijau membuat karyanya seolah tidak bergantung pada tren desain taman yang sedang populer saat itu & tak lekang oleh waktu. Semakin lama, taman hasil desain Ita Burhan akan semakin menampilkan keindahan alami.

***

Ita Burhan

Ita Burhan adalah seorang ibu rumah tangga kelahiran Bogor 5 Oktober 1967. Dia adalah alumnus Institut Pertanian Bogor jurusan Budidaya Pertanian, program Arsitektur Pertamanan.

Sejak kuliah, Ita sudah bergabung pada CV Astriflora bersama Irma Suhendar & terlibat dalam karya taman di Grand Hyatt & Plaza Indonesia. Dari sinilah Ita kemudian belajar & memahami dunia kerja landskap hingga akhirnya di tahun 1998 Ita memutuskan untuk memulai usaha sendiri dengan tujuan agar lebih fleksibel & memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga. Wanita dengan 2 putra ini sudah melahirkan lebih dari 200 karya rumah tinggal.

Bagi seorang Ita Burhan, keluarganya adalah hal paling utama. Inilah yang kemudian membuat Ita saat ini lebih memilih untuk mengerjakan taman rumah tinggal. Menurut Ita, selain ada hubungan personal dengan pemilik, waktu untuk pengerjaan taman rumah tinggal bisa lebih fleksibel.

Ita berharap, buku ini tak hanya bisa memberikan ide & inspirasi bagi pembaca luas ketika ingin membuat taman indah di rumahnya, tapi bisa juga menginspirasi ibu rumah tangga lainnya bahwa seorang ibu rumah tangga bisa tetap berkarya luar biasa walau dari rumah.

Acara peluncuran buku Harmoni Hijau oleh Ita Burhan
Orang-orang yang berjasa dibalik terbitnya buku Harmoni Hijau karya Ita Burhan

Penulis & Fotografer : Mira Julia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed