Intip Ribuan Koleksi Wayang Di Museum Wayang Jakarta

museum wayangPada tanggal 7 November 2003, UNESCO telah mengakui bahwa pertunjukan wayang adalah sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi serta warisan yang indah dan berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Sebuah penghargaan yang patut kita banggakan bersama sebagai warga negara Indonesia.

Kini, setelah berabad-abad lamanya, seni wayang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang tetap terjaga kelestariannya. Hal itu dapat kita lihat di Museum Wayang yang berlokasi di kawasan Kota Tua, Jakarta.

Museum yang menempati bangunan dengan arsitektur bergaya kolonial ini memiliki koleksi wayang sebanyak kurang lebih 6.200 buah. Wayang-wayang itu berasal dari berbagai daerah di nusantara dan dari mancanegara seperti India, Malaysia, Vietnam, Prancis, dan beberapa negara lainnya.

Para pengunjung dapat melihat berbagai macam jenis wayang seperti wayang kulit Bali, wayang kulit Surakarta, wayang kulit Yogyakarta, dan wayang kulit Sadat. Selain itu, ada wayang golek dari Cirebon, dari Bogor, dan dari Kebumen. Ada pula wayang klitik, ragam topeng dari berbagai daerah, patung, serta perlengkapan pementasan seni wayang seperti gamelan dan blencong.

Selain dapat melihat koleksi wayang, pengunjung juga dapat mengikuti workshop wayang dan pelatihan dalam membuat wayang serta menonton tayangan wayang 3D. Pada setiap hari Minggu, pihak museum juga menyelenggarakan pertunjukan wayang untuk masyarakat secara gratis.

 

Foto : Ifran Nurdin

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY