IWS Indonesia, Mendorong Pertumbuhan Seni Lukis dan Seniman Cat Air

IWS Indonesia (International Watercolour Society-Indonesia) adalah cabang regional Indonesia dari IWS (International Watercolour Society), sebuah organisasi cat air internasional yang berpusat di Turkey yang didirikan pada tahun 2012. IWS Indonesia sekarang ini beranggotakan 30 perupa cat air dan akan menerima anggota baru setiap tahun melalui seleksi. IWS Indonesia diketuai oleh Agus Budiyanto yang sudah lebih dari 35 tahun berkarya di media cat air dan dengan pengalamannya selama ini mewakili Indonesia sebagai country leader.

Karena merupakan bagian dari organisasi internasional, IWS antar negara lain memiliki hubungan yang erat, “Semua anggota IWS seluruh dunia berhak untuk membuat kegiatan cat air apapun bentuknya dan mengundang anggota dari negara lain untuk bergabung di setiap acara yang dilakukan. Hal ini juga untuk saling mengenal para anggota yang jumlahnya sudah lebih dari 1.000 orang diseluruh dunia.” ujar Agus Budiyanto, pengurus IWS Indonesia.

IWS Indonesia bertujuan membentuk asosiasi yang bisa mewakili Indonesia dalam seni lukis cat air di tingkat internasional dan untuk menjalin persahabatan dengan seniman cat air di seluruh dunia dan masyarakat seni pada umumnya. Selain itu juga mempromosikan dan mendorong pertumbuhan seni lukis cat air di Indonesia serta menimbulkan perasaan cinta seni khususnya melalui media cat air untuk generasi muda agar dapat memperluas wawasan seni dan visi mereka.

Perbedaan mendasar dengan komunitas seni lain yang ada di Indonesia, selain dari media berkeseniannya yakni dengan menggunakan cat air, ialah terletak pada kekuatan jejaringnya yang global, “IWS Indonesia punya network ke seluruh dunia, sebagai jembatan bagi pelukis cat air Indonesia yang ingin berpameran diluar negeri.” ujar Rindi Soepardi, pengurus IWS Indonesia. Sampai saat ini anggota IWS Indonesia yang tercatat adalah 30 orang dengan rentang usia antara 27 – 65 tahun. Organisasi ini ke depannya akan terus membuka kesempatan bagi pelukis lain untuk bergabung, dengan catatan harus lulus seleksi oleh kurator untuk menjaga kualitas karya.

“Melalui IWS Indonesia kami berharap, seni lukis dan seniman cat air Indonesia semakin berkembang dan bisa dikenal lebih luas.” lanjut Diana Renaningsasi, pengurus IWS Indonesia.

 

Pameran “LovE@rth”

Belum lama ini IWS Indonesia menginisiasi pameran lukisan cat air internasional “Love@rth” pada tanggal 24 Oktober – 2 November 2015 di Bentara Budaya Bali. Pameran ini diikuti 127 seniman dan 150 lukisan dari 23 negara (Belarus, Bulgaria, China, Estonia, Finland, France, Greece, Hongkong, Belanda, India, Indonesia, Italia, Lithuania, Malaysia, Mexico, Peru, Filipina, Rusia, Spanyol, Singapore, Thailand, Turki dan Vietnam). Sebagai kurator adalah Eddy Soetriyono dan Efix Mulyadi.

Pameran ini juga merupakan kelanjutan dari serangkaian kegiatan serupa yang diadakan sebelumnya di Galeri Nasional Indonesia, 3 – 14 September 2015. “LovE@rth” (atau Love Earth Through Art) berupaya menyuarakan keprihatinan akan masa depan bumi dan juga kemanusiaan. Menimbang perspektif nilai yang diperjuangkan, eksibisi ini dapat dimaknai semacam ruwatan untuk turut membersihkan dunia dari sifat tamak yang terbukti melahirkan kejahatan lingkungan yang mengancam keberadaan bumi serta seisinya.

Untuk Anda yang tertarik ingin menjadi anggota IWS Indonesia, syaratnya mengirim beberapa karya dan biodata untuk diseleksi oleh kurator. Kunjungi fanpage Facebook mereka untuk mengenal IWS Indonesia lebih jauh:

FB: International Watercolor Society / IWS Indonesia

Foto: IWS Indonesia

LEAVE A REPLY