Jangan Salah Pilih Waterproofing!

jenis-waterproofing-1

Bagi Anda yang tidak tinggal di daerah banjir, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan persiapan apa-apa menjelang musim penghujan. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah melapisi bagian luar rumah Anda dengan waterproofing.

Akan tetapi, sebelum menggunakan waterproofing, ada baiknya Anda mengenal apa saja jenis waterproofing yang ada. Tentu Anda tidak ingin salah membeli dan mengaplikasikan waterproofing, kan?

Berdasarkan bahan dasarnya, pelapis tahan air ini dapat dibagi menjadi tiga kategori. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang ketiga jenis waterproofing tersebut.

Waterproofing Berbahan Dasar Elastomerik

Pelapis jenis ini tidak hanya berfungsi untuk melindungi dari rembesan air. Karena sifatnya yang elastis, pelapis ini mampu menutupi retak rambut pada dinding. Secara tampilan, pelapis jenis ini hadir dengan warna yang beragam sehingga dapat digunakan untuk pelapis dinding. Selain itu, dengan mengaplikasikannya, jamur dan lumut juga akan berkurang.

jenis-waterproofing-2

Waterproofing Berbahan Dasar Semen

Banyak produk yang menggabungkan waterproofing berbahan dasar semen ini dengan polimer. Dengan penggabungan tersebut, didapat pelapis yang kuat dan fleksibel. Jenis ini cocok untuk diaplikasikan pada permukaan yang sering atau selalu terkena air, seperti kolam renang, kamar mandi, dan dinding luar bangunan.

Waterproofing Berbahan Dasar Bitumen

Karena bahan dasarnya adalah bitumen atau aspal, waterproofing jenis ini hanya hadir dengan warna hitam. Jenis ini sering digunakan untuk melapisi dak beton, talang air, dan penampung air. Pelapis ini tidak cocok diaplikasikan di ruang luar karena ketidaktahanannya pada UV. Jika terpapar sinar UV dalam waktu yang lama, pelapis ini akan cocking atau meleleh. Selain untuk menambah ketahanan terhadap air, pelapis ini juga berfungsi untuk melindungi permukaan dari karat.

SHARE
Previous articleInovasi Perawatan Lantai dari Philips
Next articleMengenal Ragam Kain Pelapis Sofa
Roria Simorangkir
Saat tidak sibuk menulis, ia akan menghabiskan waktunya untuk merajut, lari, dan menikmati film thriller. Penggemar Joko Anwar ini, bercita-cita menaklukkan New York Marathon sebelum berusia 30 tahun.

LEAVE A REPLY