Jopa Japu, Miniatur Manusia Khas Jawa

jopa japu

Bagi Anda yang gemar mengoleksi aneka kerajinan tangan, aksesori berlabel ‘Jopa Japu’ ini rasanyapatut berada di dalam list barang yang harus Anda miliki. Jopa Japu merupakan hasil kerajinan tangan dari kayu yang dibuat oleh pengerajin asal Solo, Bejo Wage.

Terinspirasi dari budaya tradisional Jawa, produk yang turut memeriahkan pameran Inacraft 2016 lalu ini dibuat menyerupai miniatur manusia yang menggambarkan kegiatan sehari-hari masyarakat tradisional Jawa, seperti bercocok tanam atau membatik.

Menurut Bejo, ia menggunakan ranting kayu sebagai bahan baku pembuatannya. Ranting kayu tersebut dipahat serta dibentuk menyerupai tubuh manusia dan benda-benda penunjangnya, seperti bangku, gerobak atau ayunan. Miniatur manusia kayu yang sudah jadi kemudian ditutup kain layaknya pakaian manusia. Sehingga tampilannya benar-benar menyerupai manusia.

Selain dapat digunakan sebagai elemen dekoratif pada ruangan, produk Jopa Japu ini juga berguna sebagai suvenir. Anda bisa meminta sang pengerajin membuat sketsa wajah Anda untuk diletakkan sebagai elemen tambahan pada miniatur kayu. Seni kerajinan tangan ini dibanderol seharga Rp 80.000 hingga Rp 100.000 tergantung tingkat kerumitan produk dan gambar sketsa sebagai tambahannya.

Koleksi : Produk Jopa Japu di Inacraft 2016

LEAVE A REPLY