Kantong Semar, Si Cantik Pemakan Serangga

Kantong semar (Nepenthes) merupakan tanaman yang unik dan berbeda dari tanaman pada umumnya karena tergolong tanaman karnivore yaitu tanaman pemakan serangga. Ujung daunnya membentuk sulur dan membengkak sehingga menyerupai kantong untuk memangsa serangga yang terbang dan semut sampai anak kodok yang sedang melompat. Bagian dasar kantong berisi cairan enzim yang mematikan serangga dan hewan tersebut.

Kantong semar banyak tumbuh di daerah yang miskin hara dan asam. Daerah endemik penyebaran kantong semar antara lain di daerah hujan tropis di Kalimantan dan di Sumatera. Sebaran kantong semar sangat luas, mulai dari daerah pantai yang panas sampai ke dataran tinggi di pegunungan.

Kini Nepenthes banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias, bahkan mengalahkan pamor tanaman gelombang cinta yang pernah naik daun dan selangit harganya. Umumnya, kantong semar ditanam sebagai tanaman hias pot gantung dengan kantong-kantong yang dibiarkan menggantung.

2 COMMENTS

  1. Halo Destri, terimakasih koreksinya. Fotonya sudah kami ganti. Foto yg kemarin itu adalah Anggrek kantung semar (Paphiopediulum).

LEAVE A REPLY