Karya 13 Seniman Keramik Dalam “Identitas”

pameran seniman keramikSeni keramik merupakan karya seni rupa Indonesia yang mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, perajin keramik di Indonesia hendaknya terus meningkatkan teknik membuat keramik, baik dalam segi tema maupun segi desainnya sesuai dengan perkembangan zaman.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala Unit Pengelola Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta, Dyah Damayanti, mengajak F. Widayanto untuk mengadakan suatu acara yang bertempat di museum ini. Dalam hal ini, F. Widayanto mempunyai ide untuk menggelar pameran bersama para keramikus ibu kota Jakarta yang diberi nama “Identitas”

13 seniman keramik Indonesia yang berpartisipasi dalam pameran ini diantaranya Adhy Putraka, Antin Sambodo, Ayu Larasati, Bregas Harrimardoyo, Evy Yonathan, F. Widayanto, Geoffrey Tjakra, Ignatius Tommy Febrian, Haryo Soenggono, Lisa Sumardi, Silayana Setiadarma, Wati karmojono, dan Yetty V. Tamsil.

Setiap karya seni keramik yang dipamerkan oleh ketiga belas seniman keramik ini memiliki keunikan masing-masing. Contohnya, karya F. Widayanto dengan seni glasurnya dan warnanya yang khas sehingga tampilannya terlihat glamor. Karya tersebut ditampilkan dalam bentuk desain baju kebaya, gitar, dan elemen estetika yang cantik.

Karya seniman lainnya pun tidak kalah uniknya, seperti karya Geoffrey Tjakra. Geoffrey Tjakra yang “spesial” dalam membuat alat tiup dari keramik ini piawai dalam membuat sebuah desain keramik yang juga dapat berfungsi sebagai alat musik tiup. Keunikan dari setiap karya seniman keramik ini tentu saja membawa “angin segar” dalam dunia seni rupa keramik di Indonesia.

“Ada Matahari di Matamu, Ada Rembulan di Senyummu”, karya Silayana Setiadarma.
“Kitchen Vases, Kawung Set, and Celadon Set”, karya Bregas Harrimardoyo.
“Berkah dari Alam Semesta”, karya Evy Yonathan.
“TGIF”, karya Antin Sambodo.

 

*Artikel ini disadur dari artikel berjudul “Karya 13 Seniman Keramik Dalam Identitas” oleh Denyza Sukma yang terbit di majalah Asri edisi Desember 2015

Foto : Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY