oleh

Karya 13 Seniman Keramik Indonesia Tampil di Pameran “Identitas”

Keramik merupakan karya seni rupa Indonesia yang mengalami perkembangan dari waktu ke waktu mengikuti perkembangan dunia seni rupa di Indonesia dan dunia.Para perajin keramik Indonesia terus meningkatkan teknik membuat keramik baik dalam segi tema maupun bentuk keramik yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap perkembangan keramik serta memotivasi para perajin keramik yang ada di kota Jakarta dan sekitarnya agar lebih semangat berkarya, Unit Pengelola Museum Seni Rupa dan Keramik menyelenggarakan pameran keramik di Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta dengan tema ‘Identitas’. Pameran ini berlangsung pada tanggal 16-25 Oktober 2015.

Tiga belas seniman memamerkan karyanya dalam pameran keramik kali ini, yaitu F. Widayanto, Antin Sabodo, Ayu Larasati, Bregas Harrimardoyo,Evy Yonathan, Geofrey Tjakra, Haryo Soenggono, Lisa Sumardi, Silayana Setiadarma, Yetty V Tamsil, Ignasius Tommy, Adhy Putraka, dan Wati Karmojono.

Antin Sambodo-Tanah Gembira#2

“Di pameran ini masyarakat tidak hanya disuguhkan dengan karya para seniman keramik tapi juga bisa ikut belajar membuat keramik lewat wokshop bersama tiga belas seniman,” ujar Dyah Damayanti, selaku Kepala Unit Pengelola Museum Seni Rupa dan Keramik.

Sampai saat ini para perajin keramik semakin menunjukkan eksistensinya di dalam dan luar negeri. Tema “Identitas” sendiri diambil dari perpaduan antara kata “Ide” sebagai konsep dasar penciptaan serta “kualitas dan kuantitas” sebagai pencapaian atas eksistensi yang terus berkelanjutan.

“Kami ingin menunjukkan bahwa setiap perupa mempunyai ciri khas dan identitasnya masing-masing, yang dituangkan dalam karyanya. Lewat acara ini juga kami ingin menyampaikan informasi dan pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang keramik kepada masyarakat khususnya generasi muda” ujar F. Widayanto, salah satu perupa keramik yang mengikuti pameran ini.

Foto: dok. panitia pameran

About Author: Aprillia Ramadhina

Jurnalis, editor dan penulis yang gemar melukis. Mengawali karier sebagai jurnalis sejak tahun 2011. Antusias terhadap filsafat, media, buku dan seni, terutama seni visual, seperti lukisan, patung, instalasi, desain, dan fotografi. Buku yang telah ditulis: "Turn on the Radio" (Bukune, 2015). Email: aprillia.dhina@hotmail.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed