Kayu Tangi: Dari Limbah Menjadi Emas

Kayu Tangi: Dari Limbah Menjadi Emas

42 108

Kayu limbah yang terlihat rusak akibat dimakan binatang bukanlah sampah. Kayu limbah itu bisa diolah menjadi produk-produk berkualitas yang terlihat alami dan berseni tinggi.

Itulah yang dilakukan oleh Firdaus, melalui kerja kerasnya mengubah berbagai kayu limbah jenis kamper, meranti, bengkirai dan kayu balau dari Kalimantan menjadi produk “Kayu Tangi” yang bernilai tinggi.

Guratan lubang-lubang kayu dengan kedalaman yang berbeda dan pola yang beragam adalah motif alami yang menjadi sumber inspirasi bagi Firdaus untuk membuat beragam jenis karya. Melalui pengolahan, mulai menghilangkan binatang dan kotoran di dalam kayu gelondongan, memotong, mengeringkan dalam jangkau waktu panjang, kayu-kayu yang sebelumnya dianggap sebagai limbah kemudian diproses menjadi aneka furnitur dan produk-produk lain yang digemari masyarakat.

kayutangi13 kayutangi12 kayutangi11 kayutangi10 kayutangi9 kayutangi8 kayutangi7 kayutangi6 kayutangi5 kayutangi4 kayutangi3 kayutangi2 kayutangi1

Jangan lewatkan Majalah Griya Asri November Giveaway.

3 orang yang beruntung akan mendapatkan produk Kayu Tangi, gratis dikirim ke rumah Anda.

Syarat:

 

Kesempatan ini terbuka hingga hari Minggu, 18 November 2012. Pemenang akan kami umumkan hari Senin, 19 November 2012 di Page Majalah Griya Asri & Twitter Majalah Griya Asri.

*berlaku bagi pembaca Majalah Griya Asri beralamat Indonesia.

Fotografer: Ifran Nurdin

42 COMMENTS

  1. kreatif dan artistik…..boleh dong dikirim katalog2 produknya di email saya….dan cara pemesanannya jika diluar Jakarta plus berapa ongkos kirimnya……

  2. Ide yang bagus khususnya untuk pelestarian lingkungan. Meskipun terbuat dari limbah kayu, tapi hasilnya cantik sekali. Semoga makin banyak orang-orang yang memiliki ide seperti Firdaus. Salut :) Nama FB: Rosanthy Sari

  3. lubang-lubang yang tidak beraturan menjadi karya seni yang indah.. olahannya bagus-bagus, dan kesan limbah pun hilang.. benar-benar kreatif..
    FB: amini mustajab, twitter: @minimazee

  4. Suka dengan motif yg acak & alami pada kayu "hasil karya" berbagai hewan di kayu. Lebih suka lagi, limbah kayu ternyata bisa jadi karya keren :)

  5. sangat indah, dengan lubang-lubang yang ada tanpa beraturan meskipun dari kayu limbah tapi seni yang dihasilkan begitu mempunyai daya seni yang tinggi .. indah sekali ..

    FB: BetsyAbed Christ TP

  6. Ide yang kreatif. Menyulap sampah menjadi berkah. Seandainya ibu-ibu rumah tangga diberikan pelatihan mengolah limbah menjadi barang bernilai jual tinggi pasti Indonesia lebih bersih, hasil penjualannya pun mampu menjadikan ibu mandiri secara finansial tanpa harus mencari nafkah di luar rumah. Adakah Kementrian Pemberdayaan Perempuan memikirkan hal ini, saya juga bersedia mengikuti pelatihan. FB Dwi Aprilytanti Handayani = https://www.facebook.com/dwiaprilytanti.handayani

  7. Cantik nian, tak ada yang mengira ini semua berawal dari limbah. Ide kreatif yang perlu disebarluaskan agar menginspirasi sosok sosok lain untuk mengolah limbah menjadi berkah. Salut buat Firdaus dan Majalah Griya Asri yang telah mengangkat artikel ini. Seandainya Kementrian Pemberdayaan Perempuan, Balai Latihan Kerja memiliki ide yang sama dan memberikan pelatihan mengolah limbah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis kepada ibu rumah tangga, anak putus sekolah, para pencari kerja akan semakin banyak tenaga kerja terserap, ibu rumah tangga pun mampu mandiri secara finansial. Tentu harus bekerjasama pula dengan Departemen Perdagangan dan Industri untuk pemasarannya. Saya juga bersedia mengikuti pelatihannya :).

    • Dwi, masalah limbah seharusnya kita belajar sama saudara saudara kita di seberang pulau. Mereka tidak mengenal istilah limbah. Artinya apapun itu bagaimanpun bentuk dan berapa tua usianya, barang itu tetap saja bernilai uang maksudnya bisa diperjual belikan. Itulah hebatnya saudara saudara kita di seberang pulau sana yang patut kita apresiasi dan teladani.

  8. Tangi dalam bahasa Jawa berarti “bangun” & karya2 ini seperti membangunkan kembali apa yang dianggap sebagai limbah menjadi sebuah karya seni yang unik, cantik, dan berharga. Teksturnya yang khas ini justru memberikan karakter kuat pada kayu ini. Di tangan yang ahli, kayu limbah ini menjelma menjadi sebuah bentuk kecintaan pada seni, apresiasi bentuk & cinta pada lingkungan hidup.

  9. Siapa sangka dari sekedar limbah kayu bisa diolah menjadi barang jadi dengan nilai artistik yang tinggi. Mungkin filosofi penamaan 'kayu tangi' juga berasal dari semangat berkarya. Tangi dalam bahas Jawa artinya 'bangun'. Jadi mungkin kayu tangi disini bisa diartikan membangunkan sesuatu barang tidur (tidak terpakai).
    Intinya kejelian dan kemauan untuk menjadikan sesuatu menjadi lebih baik bisa menghasilkan hal baru yang lebih bermanfaat dan bernilai. Bangga melihat dan membaca artikel ini.

  10. Siapa sangka dari sekedar limbah kayu bisa diolah menjadi barang jadi dengan nilai artistik yang tinggi. Mungkin filosofi penamaan 'kayu tangi' juga berasal dari semangat berkarya. Tangi dalam bahas Jawa artinya 'bangun'. Jadi mungkin kayu tangi disini bisa diartikan membangunkan sesuatu barang tidur (tidak terpakai).
    Intinya kejelian dan kemauan untuk menjadikan sesuatu menjadi lebih baik bisa menghasilkan hal baru yang lebih bermanfaat dan bernilai. Bangga melihat dan membaca artikel ini. (IYUS RUCHDIANA, http://www.facebook.com/iyus.ruchdiana.

  11. Siapa sangka dari sekedar limbah kayu bisa diolah menjadi barang jadi dengan nilai artistik yang tinggi. Mungkin filosofi penamaan 'kayu tangi' juga berasal dari semangat berkarya. Tangi dalam bahas Jawa artinya 'bangun'. Jadi mungkin kayu tangi disini bisa diartikan membangunkan sesuatu barang tidur (tidak terpakai).
    Intinya kejelian dan kemauan untuk menjadikan sesuatu menjadi lebih baik bisa menghasilkan hal baru yang lebih bermanfaat dan bernilai. Bangga melihat dan membaca artikel ini. (IYUS RUCHDIANA, http://www.facebook.com/iyus.ruchdiana).

  12. Alhamdulilah suatu kreativitas yang amat bagus dari seorang anak manusia Indonesia mengubah limbah kayu menjadi bahan olahan yang tepat guna.Mudah mudahan Pemerintah mau melirik dan mau memberikan sedikit apresiasi dan sedikit penghargaan sehingga akan muncul terus talenta talenta dari anak manusia yang mau bermaanfaat mengolah sesuatu barang yang tidak berguna menjadi barang yang mempunyai nilai guna yang tinggi.(ASKAR MARLINDO).

  13. kalau aja semua manusia punya kreativitas seperti ini, niscaya tidak ada bagian tumbuhan yang terbuang sia-sia. Tidak ada sisa mebel yang hanya jadi bahan pembakaran dan menjadi polusi udara. Tingkat perekonomian penduduk non pegawai negeri juga akan meningkat. Tetapi… yang jadi masalah di negara ini ialah kurangnya tenaga yang mau dengan ikhlas dan tanpa lelah membagi 'ilmu'nya :)
    mungkin Majalah Griya Asri bisa mengadakan pelatihan gratis?

    salam,
    Tha Artha

  14. artikel yang sangat menarik aku baru tahu produk yang dihasilkan dari kayu tangi , semuanya alami , alam yang mendesaignnya dan manusia yang membentuk pola dengan bentukan yang indah. Kedepannya masih perlu banyak diekspose atau dikenalkan pada masyarakat umum diluar sana ,agar menjadi prouduk yang bermanfaat dan dikenal di indonesia dan juga dunia internasional. good luck. virzy aine

  15. Konsep tidak ada limbah, ditangan orang kreatif kayu lubang sisa kumbang justru lebih mahal dari kayu utuh. Kreatifitas otak kanannya memang dipakai.. Hebat, perlu dijadikan contoh oleh menteri lingkungan hidup. Kembangkan terus kreatifitasmu! Semangat! Wong phu chung

  16. Sebuah ide yang inovatif dan kreatif. Kayu yang sudah tak terpakai dan dimakan binatang biasanya dibuang, atau dipakai sebagai bahan bakar di sebagian daerah yang masih menggunakan kayu sebagai bahan bakar memasak sehari-hari. Tapi saudara Firdaus mampu menyulap kayu limbah ini menjadi emas, mempunyai nilai yang tinggi.
    Ide kreatif ini harus digalakkan dengan cara ditularkan kepada masyarakat. Dari situ mungkin angka pengangguran negeri ini akan berkurang, karena dengan ide ini bisa dibentuk suatu usaha industri kecil.

    Salam,

    Sri Mursalim
    FB: Abu Hassan AbdurRahman (http://www.facebook.com/srimursalim)
    Twitter: @Salimmoors (https://twitter.com/SalimMoors)

  17. Inovasi terbaru yang unik. Bisa menjadi trendsetter dengan memanfaatkan benda yang invisible, murah biaya produksi, namun bisa menghasilkan maha karya alami. Good job! Semakin memperbanyak jumlah wirausaha dan lapangan pekerjaan rumahan bagi masyarakat Indonesia. Semoga menjadi ladang amal dan ibadah. Aamiin….

    FB : Boneka Lilin.

  18. Limbah kayu yang semula hanya menjadi rongsokan bisa menjadi lahan penghidupan. Keren, dan salut dengan pencetusnya! Saya suka motifnya alami, tidak diukir oleh manusia tapi diukir oleh rayap. Motif unik ini tentu tidak ada yang menyamai dan bisa menjadi selling point bagi kerajinan ini. Sukses selalu ya ;)

    Fb : Ila Rizky Nidiana

  19. Limbah kayu yang semula hanya menjadi rongsokan bisa menjadi lahan penghidupan. Keren, dan salut dengan pencetusnya! Saya suka motifnya alami, tidak diukir oleh manusia tapi diukir oleh rayap. Motif unik ini tentu tidak ada yang menyamai dan bisa menjadi selling point bagi kerajinan ini. Sukses selalu ya ;) Fb : Ila Rizky Nidiana.

  20. Guratan lubang-lubang kayu dengan kedalaman yang berbeda dan pola yang beragam adalah motif alami yang menjadi sumber inspirasi bagi Firdaus untuk membuat beragam jenis karya. Melalui pengolahan, mulai menghilangkan binatang dan kotoran di dalam kayu gelondongan, memotong, mengeringkan dalam jangkau waktu panjang, kayu-kayu yang sebelumnya dianggap sebagai limbah kemudian diproses menjadi aneka furnitur dan produk-produk lain yang digemari masyarakat…….. luar biasa…….

  21. bumi menyediakan cukup untuk kebutuhan umat manusia, limbah kayu yang mempunyai nilai ekonomis dan menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadikan nilai artistik untuk memperindah dan sekaligus bermanfaat tak sekedar pajangan saja. Menuju Indonesia Hijau gemah ripah loh jinawi.

  22. Kata pertama yang terlontar dalam benak saya saat melihat kreasi ini adalah “Wow, it’s cool! Kereeen!”. Ga nyangka sebangsa rayap bisa jadi pengukir yang begitu tinggi nilai artistiknya. Sebenarnya alam sudah menyediakan segalanya, tinggal kreativitas kita memanfaatkan segala yang ada. Intinya, yuk bangun kreativitas, niscaya yang namanya limbah akan berkurang dan bumi kita ini.

    facebook : Fafa Laviva

  23. hebat, itulah satu kata yang pantas buat Firdaus , dengan idenya yang cukup kreatif bisa menghasilkan produk yang bermanfaat, cantik, mengandung nilai seni yang tinggi serta bernilai jual tinggi patut kita lestarikan. Ide seperti inilah yang dapat kita contoh sebagai generasi muda saat ini, dengan mengolah limbah atau sampah sekalipun bisa menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit sehingga tumpukan sampah yang sangat mengganggu bisa kita kurangi. Semoga dengan ide Firdaus ini bisa menginspirasi kita semua untuk menciptakan produk daur ulang/limbah yang lebih bermanfaat untuk lingkungan sekitar. https://www.facebook.com/retno.seniawati

  24. Waow,awesome..suatu karya yang manis.dan kreatiff .emang benar semua yg ada di dunia di ciptakan pasti ada manfaatnya.Tapi semuanya juga kalo benar2 kreatif untuk mnjadikan sessuatu yang lebih,bukan sekedar karya kayu.seperti desain ini,mski dr kayu tapi hasilnya sunnguh manis,dan kreatiff…karya ini mempunyai nilai seni yang tinggi,kenaturalan warnanya membuat karya ini semakin manariik..saran saya motif nya bukan hanya bulatan2 memanjang seperti sempel di picture ,,
    okee/semangaatttt dan suksess ya buat karya,karyanya..ini mbuat saya kbh semangat untuk mbuat karya2 yang lbih eksotis.gara2 ini karya
    FBhttps://m.facebook.com/niiTTaANiiTAzaUHarypENGeeNCLAlujADIWinnER?refid=17&_ft_=fbid.460193727353406.Princess Gita

  25. Subhanallah… Sungguh produk yang sangat unik dan cantik. Siapa bilang mencari pekerjaan itu sulit? Asalkan mau kreatif dan inovatif, maka hal yang tidak terpakai pun bisa menjadi sumber untuk membuka lapangan kerja baru…
    FB: Mariatul Kibtiah

  26. Aksen woody yg klasik menciptakan kesan minimalis, terlebih lagi jika di tambah dengan motif yg tercipta alami, seperti pada kerajinan kayu tangi tersebut. Kerajinan kayu tangi ini cocok bila di aplikasikan pada ruangan bergaya modern, karna dapat menciptakan kesan klasik dan pastinya ramah lingkungan. (FB : Nana Sii Agni Adyuta)

  27. Inofatif dan kreatif. Mendaur ulang limbah menjadi barang berharga.
    Ini sebagai motivasi kita bahwa hal hal yang di mata sebagian orang,ternyata dengan tangan yg kreatif menjadikan suatu kreativitas yg mempunyai nilai tinggi.
    Mulai dari hal kecil akan menjadi besar.
    m.facebook.com/ichfand?refid=8

  28. So Be Inspiring…Sangat kreatif disaat kayu merupakan barang mahal & langka, saatnya kita memanfaat limbah2 kayu dan tidak lupa untuk menanam kembali beberapa jenis pohon demi generasi kita berikutnya. Hasil olahan limbah kayu ini yang terpenting adalah pemasarannya, mungkin Griya Asri bisa menjadi bagian pemasaran limbah2 kayu ini hingga benar2 bermanfaat. Salut utk Firdaus.

  29. Wow…bolongan2 menyebalkan yang terdapat seperti di lemari dan meja kayu di rumah saya ternyata bisa jadi aksen yang cantik dan elegan…sebelumnya tak terpikir sama sekali. Big Appalause untuk inovator usaha ini karena pasti dibutuhkan keuletan dan kesabaran dalam menghasilkan satu karya cantik dari kayu gelondongan yang lebih sering dianggap limbah. FB : Devia Yusuf

  30. Sangat inspiratif dan kreatif dalam mengolah kayu limbah ini, saran saya designnya agar lebih moderen dan lebih elegan lagi agar bisa lebih meningkatkan nilai Kayu limbah

Leave a Reply