Kayu Tepat Untuk Ruang Luar

kayu-ruang-luar-01

Salah satu material yang paling digemari oleh masyarakat adalah kayu. Kayu banyak digunakan baik di ruang luar maupun ruang dalam. Jenisnya pun sangat beragam.

Pilihan kayu yang dapat digunakan untuk ruang dalam jauh lebih banyak daripada untuk ruang luar. Salah satu penyebabnya adalah adanya faktor ketahanan yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, kami menyajikan beberapa jenis pilihan kayu untuk ruang luar Anda.

Kayu Jati

Kayu Jati adalah kayu dengan kualitas terbaik dari semua kayu. Kayu Jati terbaik bisa Anda dapatkan di Pulau Jawa karena karakteristik tanahnya yang sesuai dengan pohon jati, kering dan berkapur.

Akan tetapi, untuk mendapatkan kayu jenis ini, Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Bukan hanya karena kualitas kayunya, permintaan pasar yang sangat tinggi juga memengaruhi. Selain itu, pohon jati juga tumbuh sangat lambat sehingga permintaan pasar sulit untuk dipenuhi.

kayu-ruang-luar-02

Kayu Ulin

Kayu ini termasuk ke golongan kayu keras dengan warna coklat muda dan tekstur yang hampir tidak terlihat. Di bagian tepi kayu kerap terdapat retak rambut yang tekadang membuat tampilannya menarik. Banyak yang menganggap semakin sering terekspos dengan air, kayu ini terlihat semakin menarik.

Salah satu kelebihan kayu ini adalah minimnya perawatan yang dibutuhkan. Jadi, sangat sesuai untuk Anda tempatkan di ruang luar.

Kayu Bengkirai

Banyak yang mengenal kayu asala Kalimantan ini dengan sebutan kayu balau. Bengkirai memiliki tampilan warna kuning kecoklatan. Inti kayu bengkirai memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan bagian yang dekat dengan permukaan. Serat kayu ini berbentuk panjang dan lurus.

Karena sifatnya yang sangat getas, banyak ditemukan retak rambut pada kayu ini setelah dikeringkan. Walaupun begitu, kayu ini termasuk kayu yang sangat kuat dan cocok untuk ruang luar. Dibandingkan kayu jati dan kayu ulin, harga kayu ini lebih murah.

kayu-ruang-luar-03

Kayu Merbau

Sebagian besar orang yang tidak berhasil memeroleh kayu jati akan menggunakan kayu merbau sebagai alternatif pengganti. Tampilannya baik dari warna dan tekstur memang berbeda. Kayu merbau hadir dengan warna coklat dengan sedikit warna merah dan kuning, ada pula yang berwarna kelabu menuju hitam.

Kayu jenis ini memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan kayu jati, kuat dan tidak butuh banyak perawatan. Akan tetapi, dibutuhkan usaha lebih mengolah kayu ini karena kayunya sangat keras. Dari segi harga, kayu ini memiliki harga yang tidak jauh berbeda.

Kayu Damar Laut

Kayu dammar laut memiliki tampilan yang hampir sama dengan bengkirai. Seratnya lurus atau terpilin dengan tampilan berwarna kuning kecoklatan. Semakin lama terekspos di ruang luar, warna kayu damar laut akan semakin gelap.

Proses pengolahan kayu ini termasuk sulit karena sifat kayunya yang keras. Dari segi harga, damar laut memiliki harga sedikit lebih murah dibandingkan kayu bengkirai.

SHARE
Previous articleKenapa Cat di Dinding Menggelembung?
Next articleTren Warna 2015 dari Nippon Paint
Roria Simorangkir
Saat tidak sibuk menulis, ia akan menghabiskan waktunya untuk merajut, lari, dan menikmati film thriller. Penggemar Joko Anwar ini, bercita-cita menaklukkan New York Marathon sebelum berusia 30 tahun.

3 COMMENTS

  1. kayu ulin pada dasarnya memiliki sifat yang tahan terhadap air. Berdasarkan sifat tersebut, seharusnya tidak banyak pernis yang dibutuhkan. Akan tetapi, jika berbicara tampilan, tampilannya memang mudah berubah menjadi kehitaman jika ditempatkan di ruang luar.

LEAVE A REPLY