Kebersahajaan Rumah Tropis

Hunian dengan luas lahan 375 m² merupakan kediaman seorang ekspatriat yang cinta terhadap budaya Indonesia dan ingin mewujudkan kecintaannya ini dalam rancangan hunian.

Pada rumah tiga lantai ini, lantai dasar diperuntukkan bagi orang tua agar memudahkan kegiatan mereka baik di kamar tidur, area nonton tv, dapur maupun teras belakang yang berhadapan dengan taman dan kolam. Lantai satu ditata untuk foyer, area makan, area keluarga, kamar tidur anak dan kamar tidur tamu. Pada lantai berikutnya, terdapat kamar tidur utama dilengkapi oleh ruang nonton tv, area kerja, perpustakaan dan kamar mandi. Tata letak ruang ini berhasil mewujudkan privasi sebagaimana keinginan pemilik.

Desain hunian ini juga menganut konsep bangunan modern tropis sesuai dengan iklim lingkungan yang berlimpah cahaya matahari dan memiliki kelembapan udara juga curah hujan tinggi. Dengan adanya bukaan-bukaan lebar dan taman maupun kolam serta pemilihan material natural, tiap ruangan dapat berinteraksi dengan alam.

Untuk mengekspos keindahan material alami, arsitek menerapkan polesan finishing natural, dan adanya batu andesit yang memberikan kesan rustic. Selain ini beberapa material bernuansa alami diaplikasikan pada bentuk-bentuk furnitur simpel yang mengarah pada bentuk modern sehingga keindahan unsur alamiah menjadi lebih menonjol. Spirit nasionalisme muncul dari dekorasi serta aksesori sehingga mengangkat nilai lokal.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

Lokasi: Rumah tinggal Bob Bacciarelli di Bandung.
Arsitek: Halim Agung
Penulis: Qisthi Jihan
Fotografer: Ahkamul Hakim

LEAVE A REPLY