Kenalkan Sansevieria, Tanaman Penyerap Zat Beracun

pixshark

Kondisi udara Jakarta sudah terkenal memiliki tingkat polusi yang cukup tinggi. Saat melakukan perjalanan, tanpa sadar Anda mungkin telah banyak menghirup udara kotor. Lalu, bagaimana saat Anda kembali ke rumah? Tentunya, semua orang berharap dapat mendapat ketenangan dengan menghirup udara segar yang dapat mengembalikan kebugaran. Tak hanya menyegarkan, jauh lebih baik bila menyehatkan dan salah satu caranya bisa didapatkan melalui tanaman.

Namun, saat ini banyak rumah yang dibangun dengan lahan terbatas dan tidak menyisakan ruang untuk tanaman dapat tumbuh. Jika di luar rumah tak bisa, Anda dapat merawat tanaman dalam ruangan. Kenalkan Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan nama lidah mertua yang dapat Anda jadikan pilihan.

Tanaman yang memiliki sekitar 70 spesies ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menyerap zat beracun. Dalam daunnya, terdapat zat Pregnane glycoside yang dapat menyerap sekitar 107 unsur dalam polusi udara, di antaranya karbon dioksida (CO2), formaldehid (karsinogen yang banyak dikeluarkan oleh pelapis kayu dan lem), nikotin, dan dioksin.

Polutan yang telah diserap nantinya akan dikirim ke akar, lalu di akar mikroba melakukan detoksifikasi menggunakan zat Pregnane glycoside. Proses ini menghasilkan zat yang dibutuhkan oleh tanaman, seperti asam amino, gula, dan senyawa organik. Setelah proses ini juga, udara bersih akan dikeluarkan. Untuk ruangan seluas 100m3, cukup tempatkan jenis Sansevieria lorentii dewasa berdaun empat hingga lima helai agar ruangan bebas polusi.

Anda dapat memilih salah satu dari dua jenis tanaman ini, yaitu yang berdaun pendek sekitar 8 cm dan tampak seperti bunga mawar atau berdaun panjang (50cm – 70cm). Untuk perawatan pun, tanaman ini tidak banyak menuntut perhatian. Sansevieria dapat bertahan meski dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari. Setidaknya, hanya 40% air yang diperlukan karena tumbuhan ini memiliki kandungan air sekulen yang membuatnya tahan terhadap kekeringan. Namun, jika Anda meletakkanya dalam ruangan, jangan lupa setiap satu minggu sekali melakukan penyiraman dan keluarkan tanaman agar mendapatkan cahaya matahari.

Sangat mudah, bukan? Tidak diperlukan banyak usaha untuk mengurusi tanaman ini, tapi Sansevieria justru membantu membersihkan udara dalam rumah Anda. Udara bersih, badan sehat, dan hidup pun lebih bahagia.

LEAVE A REPLY