Kenapa Menyortir Barang Sulit untuk Dilakukan?

Kenapa menyortir barang sulit untuk dilakukan?

Pernahkah Anda merasa rumah dipenuhi oleh barang-barang yang tidak lagi dipakai? Atau barang tersebut telah lama diabaikan hingga lupa? Bisa juga karena barang tersebut sudah tidak menarik lagi, tetapi masih sayang untuk membuangnya dan tanpa terasa hanya menambah tumpukan di rumah. Barang-barang seperti ini tentu sudah sering direncanakan untuk dibuang. Lalu, apakah sudah dibuang? Sekalipun menyortir barang terlihat mudah, pada akhirnya pekerjaan tersebut membutuhkan waktu lama untuk terlaksana. Kenapa menyortir barang sulit untuk dilakukan? Alasannya barangkali beragam dan tidak sama bagi setiap orang. Namun, apa pun itu, termasuk bila Anda menemukan alasan yang sama seperti di bawah ini, sudah saatnya untuk segera berbenah dan bersiap diri untuk memilah-milih barang yang akan dibuang.

Tidak Ada Waktu

Tidak ada waktu bisa menjadi alasan untuk menunda berbagai pekerjaan. Sekalipun di hari kerja memang tidak memungkinkan, usahakanlah untuk melakukannya di hari libur atau akhir pekan. Siapkan dan rencanakan waktu untuk menuntaskan pekerjaan tersebut. Terlalu sering menunda bisa membuat pekerjaan menyortir terasa lebih berat daripada yang seharusnya. Lagi pula, lama-lama menunda hanya membuat Anda lupa pada tujuan awal sebelum akhirnya rumah dipenuhi oleh tumpukan barang tak terpakai. [Baca: Bagaimana Menjaga Komitmen Agar Resolusi untuk Rumah Bisa Terwujud]

Kenapa menyortir barang sulit untuk dilakukan?

greensocks

Merasa Masih Membutuhkan

Alasan ini tanpa disadari pasti sering terlintas saat sedang menyortir barang. Anda barangkali tidak sepenuhnya tahu untuk apa barang tersebut nanti akan dipakai, tetapi karena bentuknya masih bagus dan merasa masih bisa untuk diperbaiki, barang tersebut ditahan di dalam gudang atau tempat penyimpanan. Bila memang ingin menggunakannya kembali, entah diperbaiki atau digunakan dengan fungsi baru, segera wujudkan rencana tersebut. Pisahkan barang dan lakukan perbaikan di hari berikutnya. Jangan kembali menunda karena jika demikian, benda tersebut hanya akan bernasib sama dengan sebelumnya.

Anda Memiliki Rencana yang Masih Belum Bisa Diwujudkan

Rencana tersebut, entah itu diberikan kepada orang lain, di-recycle, atau diperbaiki, membuat banyak benda “tertahan” di dalam rumah. Tidak ada masalah bila memang rencana tersebut diwujudkan, rumah tentu dapat tampil lebih menarik dan biaya pun bisa dihemat karena menggunakan benda bekas. Namun, jika sudah cukup lama dan rencana tersebut belum juga dilaksanakan, sudah saatnya untuk memikirkan kembali keinginan itu. Pertimbangkan, masih mungkinkah untuk melakukan rencana perbaikkan atau recycle? Apakah Anda memiliki cukup waktu? Bila sudah tidak mungkin, segera sumbangkan atau buang. Namun, bila sebaliknya, segera laksanakan rencana tersebut dan buat pekerjaan menyortir berjalan dengan baik.

Foto 1: onekingslane

LEAVE A REPLY