Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

Melalui kreativitas, batok kelapa dapat diolah menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai seni. Dengan sentuhan desain yang modern, batok kelapa tidak lagi tampak seperti limbah yang tak bernilai. Selain menjadi aksesoris dan cenderamata, batok kelapa bisa diolah menjadi produk rumah tangga yang memiliki fungsi kegunaan dan tidak hanya sekadar menjadi pajangan semata.

Batok kelapa bisa juga dibuat menjadi berbagai barang mulai dari piranti makanan seperti piring mangkok, centong dan sendok. Selain untuk peralatan makan, batok kelapa juga bisa menjadi gayung dan celengan. Salah satu yang membuat kerajinan jenis ini ialah Adhi Nugraha, seorang pemerhati handicraft yang mengangkat tentang limbah batok kelapa ini ke dalam tesisnya dengan tema “Mentransformasikan dari Tradisional ke Modern”.

Material tradisional yang berasal dari alam itu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan zaman. Karena didesain dengan cantik dan unik serta memiliki kegunaan, otomatis limbah ini jadi punya nilai ekonomi yang tinggi bahkan bisa menembus pasar global.

Artikel ini disadur dari Majalah Griya Asri Edisi November 2013, “Sentuhan Seni pada Batok Kelapa” oleh Denyza Sukma.

Foto: Ifran

LEAVE A REPLY