Kesan Rustic Furnitur Dari Kayu Kapal Bekas

furnitur kayu kapal

Pemanfaatan kayu kapal bekas menjadi elemen arsitektur memang bukan hal yang baru. Aplikasinya sering terlihat menghiasi fasad rumah bergaya industrial, dimana kayu kapal mampu menciptakan kesan rustic. Namun bagaimana aplikasinya pada interior?

Permukaan kayu kapal yang berwarna dan tidak rata (beberapa bahkan terlihat mengelupas atau rusak terkena paku) justru menjadi daya tarik tersendiri. Hal inilah yang lantas menginspirasi para desainer interior ataupun desainer produk untuk mendaur ulang kayu kapal menjadi elemen interior yang estetis dan fungsional.

Salah satu contohnya mendaur ulang kayu kapal bekas menjadi pintu lemari. Sebagian besar permukaan pintu lemari di finish ulang sehingga tampilannya serupa dengan kayu jati pada umumnya. Namun sang desainer, Olivier dari Facon Kleo, sengaja menyisakan sebagian bidang yang telah dibuat pola lingkaran untuk mengekspos tampilan asli kayu kapal. Sehingga warna warni serta tekstur kayu yang tidak rata menjadi aksen yang menarik pada pintu lemari. Bagian pinggir pola lingkaran itu kemudian diukir untuk mempertegas bentuk pola.

Kreasi kayu kapal lainnya tampak pada permukaan meja kopi. Kali ini desainer menggabungkan material besi sebagai kerangka meja dengan kayu kapal yang sengaja diekspos menjadi bagian meja. Tampilannya yang unik membuat  kreasi furnitur dari kayu kapal bekas ini menjelma menjadi elemen dekoratif yang eye catching.

Koleksi : Facon Kleo

LEAVE A REPLY