Keuntungan Berkebun Hidroponik

hidroponik

Hidroponik merupakan metode bercocok tanam yang kini tengah populer di masyarakat. Kata Hidroponik berasal dari bahasa Yunani, yakni “hydro” yang berarti air dan “ponics” yang memiliki arti daya atau tenaga kerja. Dengan demikian, hidroponik merupakan teknik menanam tanaman yang memanfaatkan air sebagai media tanam atau soilles. Teknik menanam ini mudah diaplikasikan, terutama untuk rumah tinggal di perkotaan yang tidak memiliki tanah yang subur dan tidak leluasa untuk berkebun.

Sistem penanamannya menggunakan media wadah planter berupa wadah yang di dalamnya dialirkan air. Tanaman ditanam di dalam rockwood yang berfungsi menahan tanaman dan menyangga sistem perakaran. Kemudian suplai makanan dialirkan melalui air, secara periodik dalam jumlah dan frekuensi tertentu, baik mineral mikro maupun mineral makro.

Sistem penanaman ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan metode penanaman konvensional yang menggunakan tanah. Selain tidak memerlukan lahan khusus atau tanah, sistem ini memungkinkan tanaman tumbuh lebih cepat dibandingkan tanaman yang menggunakan tanah dalam kondisi yang sama. Hasil tanamnya pun bisa lebih besar. Selanjutnya, tanaman hidroponik juga memiliki resiko yang lebih kecil terhadap gangguan hama, jamur dan penyakit, sehingga dapat meminimalisir penggunaan pestisida.

Foto : Tri Rizeki Darusman

SHARE
Previous articleTangga Gantung Di Plafon Dapur
Next articleJadikan Dapur Ruang Favorit Di Rumah!
Astri Diana
Born to be a writer adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan sosok ibu dua anak ini. Dia bahkan sering memanfaatkan waktu senggang dengan menulis cerita-cerita fiksi.

LEAVE A REPLY