Kiat Memilih Meja Makan

Memilih Meja Makan

Karena begitu umumnya sebuah furnitur, terkadang kita lupa bahwa memilihnya pun perlu memperhatikan beberapa hal. Seperti meja makan, memilih furnitur yang satu ini juga tidak boleh sembarangan, loh! Bukan hanya karena ruangan akan terlihat tidak menarik, kenyamanan Anda pun dapat menjadi taruhannya. Terlihat sepele memang, tapi bukankah lebih baik membeli yang terbaik agar dapat bertahan lama? Nah, bila Anda sedang merencanakan membeli meja makan baru, tidak ada salahnya untuk membaca informasi di bawah ini terlebih dahulu. Setelahnya, jangan sampai salah memilih meja makan!

Luas Ruangan

Dalam menata sebuah ruang, penting sekali untuk memperhatikan luasnya, tak terkecuali saat memilih meja makan. Dengan memperhitungkannya, tampilan ruangan akan menjadi seimbang dan proporsional. Anda tentu tidak ingin salah memilih. Contohnya, menggunakan meja makan kecil untuk ruangan yang luas, dapat memberi kesan sepi dan kosong, sementara meja besar untuk ruang yang terbatas, akan sangat memakan tempat serta membuat ruangan terasa sempit. Di antara semua pilihan, pastikan ukuran meja yang nanti akan digunakan masih memungkinkan untuk bergerak dan beraktvitas di sekitarnya.

Sesuaikan pula besar meja yang dipilih dengan banyaknya anggota rumah. Jika perlu, perhitungkan juga kursi tambahan untuk tamu.

Memilih Meja Makan

Meja Makan

Setelah luas ruangan, berikutnya pilih meja yang akan digunakan. Meja makan umumnya terdiri dari bentuk persegi panjang, persegi, bundar, atau oval. Pemilihan bentuk ini juga penting karena dapat berpengaruh pada tampilan ruang secara keseluruhan. Misal, biasanya meja dengan bentuk persegi panjang lebih cocok untuk ruangan yang luas, atau meja bundar tidak cocok ditempatkan di ruang kecil karena akan menghabiskan space. Sebaliknya, meja persegi dan oval bisa digunakan untuk ruangan yang sempit atau kecil.

Sementara kenyamanan meja, pastikan saat duduk tersedia ruang di atas lutut bersamaan dengan diletakkanya siku tangan di atas meja. Idealnya, ketinggian meja berkisar antara 70-75 cm dengan lebar di atas 90 cm.

Terakhir, sesuaikan model meja dengan gaya dan konsep desain ruang atau rumah secara keseluruhan agar ruang makan dapat tampil lebih harmonis.

Material

Bila tampilan dan daya tahan menjadi dua hal terpenting untuk Anda, material kayu keras murni, seperti mahoni, oak, atau jati merupakan pilihan yang tepat. Berbeda dengan material campuran, seperti medium density fiberboard (MDF), sekalipun tahan lama, material tersebut tidak sekuat material kayu keras. Pilihan selain kayu, meja yang terbuat dari bahan metal atau marmer dapat dijadikan sebagai alternatif. Tentunya, tentukan hal ini berdasarkan kebutuhan serta dana yang tersedia.

Foto: Ifran N.

LEAVE A REPLY