Komunitas Organik Indonesia, Populerkan Gaya Hidup Sehat

komunitas organik indonesia

Komunitas Organik Indonesia yang berdiri sejak tahun 2007 merupakan komunitas yang berisikan para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang fokus memproduksi produk organik dari mulai makanan hingga ke perawatan tubuh. “Organik adalah tentang perilaku, hati dan pikiran, tentang hidup selaras dengan alam, yang berarti tidak membahayakan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.” ujar Christopher Emille Jayanata, yang biasa disapa Emille, Ketua Umum Komunitas Organik Indonesia. Emille menjadi salah satu pembicara dalam acara “Ngobrol Bareng tentang Gaya Hidup Hijau” di acara Living World Asri Home Festival yang berlangsung di Living World Alam Sutera.

Emille menekankan bahwa Komunitas Organik Indonesia tidak hanya tentang produk dan makanan, tapi melebihi dari itu, yakni menyebarluaskan pemahaman gaya hidup sehat. “Kami ingin memperluas kepedulian dan kesadaran gaya hidup sehat masyarakat tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya saja tapi juga di daerah lainnya.” lanjut Emille.

komunitas organik indonesia

Salah satu perilaku dan gaya hidup yang penting untuk diubah adalah dengan memahami betul makanan apa yang dikonsumsi. Ia menekankan betapa pentingnya untuk berhati-hati mengonsumsi makanan, karena kebanyakan buah dan sayur yang dibeli pada umumnya sudah terkontaminasi oleh pestisida. Emille pun menjelaskan lebih lanjut mengenai bahaya pestisida dari mulai menimbulkan alergi, disfungsi hormon hingga kanker.

Spirit harus menjadi hal yang utama sebelum mind dan body dalam pemahaman organik. Kita sebenarnya tahu makanan seperti apa yang tidak sehat, jarang berolahraga juga tidak baik, kita tahu sebenarnya mana kebiasaan yang sehat dan tidak. Hati kita tahu betul ketika sedang berbuat salah. Maka itu, jadikanlah hati sebagai pilot Anda, yang membimbing Anda.” tambah Emille.

Foto: dok. Komunitas Organik Indonesia dan April Ramadhina

LEAVE A REPLY