Konsep Hunian “Ringan“ Bersinergi

Bangunan yang berdiri di atas lahan 9m x 22m dengan bentuk memanjang ke belakang ini menempatkan kebutuhan ruang bagi keluarga sebagai target utama. Pendekatan desain ini mengarah pada kaidah perancangan yang lugas, fungsional dan tampak bersih dengan visualisasi yang berupaya untuk mengoptimalkan ruang-dalam.

Fasad bangunannya memperlihatkan penerapan konsep sebuah rumah tinggal yang berorientasi ke ruang-dalam misalnya, pintu masuknya seolah-olah tersembunyi karena berada di samping.

Saat masuk, kita lebih dulu menemui kolam / reflecting pool kemudian baru terlihat ruang-ruang dalam yang disekat dengan pintu geser kaca yang lebar sehingga ruang dalam seolah-olah menyatu dengan area teras dan kolam tadi. Penataan ruang yang saling berhubungan antara area dalam dan area teras ini berhasil memberi kesan leluasa apalagi saat adanya acara khusus seperti pertemuan keluarga dan kerabat.

Bangunan dua lantai ini terdiri dari ruangan keluarga, ruangan makan, dan kamar tamu di lantai dasar sedangkan kamar tidur utama, kamar tidur anak dan ruangan studio serta perpustakaan berada di lantai atas. Sinar matahari dan aliran udara alami tersedia baik melalui bukaan–bukaan yang lebar, pintu geser maupun skylight sehingga menghemat energi.

Tampilan clean look di hunian ini diperoleh dengan penggunaan furnitur modern yang simpel dan penerapan warna serba putih untuk material penutup lantai, dinding dan langit-langitnya. Adapun atapnya menggunakan konstruksi baja ringan dengan penutup atap berbahan bitumen dicampur serat organik yang tidak hanya dapat menahan panas matahari tetapi juga bersifat kedap suara.

Aplikasi warna-warna gelap untuk furnitur mengimbangi kesan “ringan“ dari elemen interior lainnya. Secara keseluruhan hunian ini mampu mewadahi fungsinya sebagai sebuah desain bagi masyarakat perkotaan yang modern.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

Lokasi: Kediaman Nurdina Hidayati di Jatiwaringin, Jakarta
Arsitek: Aditya W fitrianto
Struktur: Muhammad Umar
Kontraktor: Edwin S dan Supriyadi
Aksesoris: Vinoti Living & Brio VL
Penulis: Qisthi Jihan
Fotografer: Ahkamul Hakim

9 COMMENTS

  1. Yth.

    Saya sangat terkesan dg foto rumah diatas. Saya berencana merenovasi rumah, bisakah arsitek & contractor membantu saya?

    Sy tunggu beritanya.
    Thx.

    • Dear Ibu Nenden,

      Bila berkenan mohon Ibu dapat memberikan nomor telepon yang bisa dihubungi agar Arsitek ybs dpt menghubungi Ibu.
      Terima kasih.

  2. Dear griya asri,

    Konsp rumah ini kalau lokasinya yg aman, nah untuk rumah2 yg bukan dikomplek lebih diutamakan keamanan selain keindahan juga. Apakah ada konsep rumah indah sekaligus aman dibahs di griya asri?

    Terimakasih

  3. saya juga sangat terkesan dg konsep ini. sama seperti ibu nenden, bisakah dibantu untuk design rumah saya dg luas 9 x 20?

    kontak saya akan berikan jika ada reply ke email saya.

    sebelumnya terima kasih banyak,

    teti

  4. Yth.

    Saya sangat terkesan dg foto rumah diatas. bisakah arsitek & contractor membantu saya?
    sy berniat meminta no. telp ny
    Sy tunggu beritanya.
    Thx.

LEAVE A REPLY