Konsep Smart Building

Gaya hidup masa kini menuntut desain arsitektur, desain interior dan mekanikal elektrikal yang terpadu agar dapat memberi kecepatan gerak/mobilitas serta kemudahan kontrol juga akses dari arah mana pun dan waktu kapan pun.

Berbagai elemen dalam bangunan dihadirkan mulai dari cahaya lampu (lighting), pendingin (AC), keamanan pada pintu-jendela (security) dan komunikasi yang mudah hingga peralatan audio video (sound system) saling terhubung dan terkoordinasi di dalam satu sistem otomatisasi yang disebut smart building. Melalui aplikasi konsep ini, pemilik bangunan dapat mengatur tampilan ruang sesuai dengan keinginannya melalui beberapa pilihan skenario suasana/mood sehingga benar-benar memanjakan pemilik bangunan sekaligus menegaskan citra bangunan modern.

Konsep smart lighting misalnya dapat mencakup instalasi kabel listrik, aksesori seperti sakelar dan stopkontak, armatur lampu dan bias cahaya yang dihasilkan oleh lampu melalui satu alat kontrol. Cara memasang perangkat keras (hardware), menyetel program (software) sampai pengawasan sistem ini telah diatur sedemikian rupa baik secara manual maupun secara digital. Namun, ada pula yang telah terpadu dengan internet.

Terdapat banyak pilihan produk smart lighting di pasaran. Setiap produsen dalam industri building intelligent berlomba untuk memikat konsumennya dengan berbagai keunggulan produk. Oleh karena itu konsumen harus lebih memahami seluk-beluk produk yang tergolong high end ini agar tepat pakai dan memuaskan.

Mengacu pada tren mutakhir, produk smart lighting seperti sakelar, bentuknya cenderung simpel minimalis dengan finishing, material dan wiring device yang bervariasi. Warna netral seperti hitam, putih dan cokelat masih menjadi warna favorit. Cahaya yang dihasilkan dari lampu jenis Light Emmitting Diode (LED) yang juga lebih hemat pemakaian energi listriknya akan mendukung program pelestarian lingkungan (eco product) yang tengah marak dewasa ini.

Alat kontrol dalam sistem smart lighting ini juga hadir dilengkapi oleh tombol konvensional atau berupa monitor yang dilengkapi oleh monitor dengan sistem sentuh (touch screen interfaces) sehingga tampil lebih bergaya (stylish). Dengan demikian produk building intelligent ini dapat disesuaikan dengan rancangan baik di hunian maupun bangunan komersial

Liputan lengkap tentang “Konsep Smart Building ” dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri Vol. 13 No. 04, April2012.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

 

Penulis : Imelda Anwar
Fotografer : Tim Griya Asri

1 COMMENT

LEAVE A REPLY