Kreasi Lampu Meja Dari Botol Bekas

lampu berbahan botol bekas

Botol kaca bekas minuman ataupun bekas keperluan rumah tangga lainnya mudah didapat sehari-hari. Namun sayangnya, limbah ini hanya mengotori lingkungan. Padahal faktanya, bahan kaca termasuk jenis material yang mudah didaur ulang dan bisa diproses melalui pemanasan sampai ribuan derajat Celcius.

Seorang dosen jurusan Desain Produk, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Nasional, Bandung yang sekaligus berprofesi sebagai desainer produk muda asal Jawa Barat, Agung Pramudya, melakukan pendekatan yang lebih praktis dan berwawasan lingkungan dalam proses mendaur ulang botol kaca bekas menjadi armatur lampu yang unik dan menarik.

Wujud asli botol-botol bekas tersebut sengaja dipertahankan. Untuk menambah daya tarik, ia memadukannya dengan bahan kayu sebagai penopang serta kaki dari lampu dan bahan fabric untuk melapisi armatur lampu. Hingga kini, produk interior yang telah dihasilkannya tak hanya berupa lampu saja, tetapi ada juga vas bunga, pot bunga, wadah penyimpanan dari limbah botol kaca, hingga furnitur dari limbah krat botol. Berikut ini beberapa model terbaru dari produk lampu limbah botol kaca yang berlabel “AGUNG”.

‘The Beatles On The Bottle’ (Bekerja sama dengan Sir Dandy Harrington)

‘Coca Cola Bottle Tripod’ Lamp

‘Big Chemical Bottle Shade Lamp’ dengan motif print retro

Karya : Agung Pramudya
Fotografer : Ifran Nurdin

SHARE
Previous articleLantai Menggembung, Ini Solusinya!
Next articleMelihat Budaya Nusantara di Museum Gajah
Astri Diana
Born to be a writer adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan sosok ibu dua anak ini. Dia bahkan sering memanfaatkan waktu senggang dengan menulis cerita-cerita fiksi.

LEAVE A REPLY