Kreatif Mengolah Ruang Simpan Di Dapur

ruang simpan di dapur

Menghadirkan ruang simpan (storage) di dapur merupakan hal yang wajib di lakukan, terutama pada dapur dengan luas terbatas. Tidak perlu menggunakan lemari khusus untuk menyimpan berbagai perangkat memasak dan bahan-bahan makanan, Anda pun dapat berkreasi mengolah dapur menjadi area simpan multifungsi. Berikut ini beberapa idenya.

ruang simpan di dinding dapur

Maksimalkan Dinding

Mengolah dinding menjadi lemari simpan atau rak ambalan merupakan solusi yang paling efektif untuk menciptakan ruang simpan. Tinggi lemari gantung bahkan bisa dimaksimalkan hingga ke plafon sehingga ruang simpan menjadi lebih besar. Agar tidak terlihat monoton, kombinasikan lemari gantung dengan rak ambalan untuk memajang aksesori atau meletakkan botol-botol bumbu masakan.

Kelompokkan Sesuai Fungsi

Untuk memudahkan mengambil barang yang dibutuhkan saat beraktivitas di dapur, sebaiknya kelompokkan barang-barang sesuai dengan fungsinya di dalam satu lemari. Misalnya, satu lemari khusus untuk menyimpan perangkat makan seperti piring, mangkuk dan gelas. Kemudian deretan laci untuk menyimpan sendok, garpu dan pisau. Hingga lemari untuk menyimpan bahan-bahan masakan yang belum terpakai. Sehingga dapur terlihat rapi dan terorganisir.

lemari simpan

Terbuka Atau Tertutup

Ada dua jenis lemari penyimpanan yang dapat Anda aplikasikan di dapur, yakni lemari terbuka dan tertutup. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lemari terbuka akan tampil menarik jika Anda menempatkan tumpukan piring cantik atau botol-botol bumbu dapur dengan rapi. Namun, kekurangannya adalah Anda harus memastikannya selalu dalam keadaan rapi.

Jika Anda memiliki banyak barang, sebaiknya pilih lemari tertutup agar dapur selalu terlihat rapi. Agar tampilannya menarik, gunakan warna-warna cerah pada pelapis pintu lemari atau pilih material kaca buram (kaca sandblast) sebagai aksentuasi.

Manfaatkan Meja Island

Selain lemari yang menempel pada dinding, Anda juga dapat mengkreasikan meja island menjadi ruang simpan. Tidak hanya menyimpan perangkat dapur, rak atau lemari di meja island juga bisa berfungsi ganda sebagai lemari sepatu atau rak penyimpanan majalah.

LEAVE A REPLY