oleh

Kulkas Lebih Hemat Listrik dengan Cara Sederhana

-Tips-16.982 views

Kulkas atau lemari es adalah perangkat elektronik yang ada pada setiap rumah. Fungsinya untuk mendinginkan dan mengawetkan makanan menjadikan perangkat ini wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga.

Kulkas merupakan perangkat elektronik di rumah yang selalu menyala selama 24 jam dalam sehari. Walaupun begitu, konsumsi listriknya tidak begitu besar karena daya listrik yang digunakan kecil. Untuk kulkas dengan volume 150 liter, daya yang digunakan sebesar 100 Watt.

Jika diperhitungkan, berdasarkan daya tersebut, konsumsi listrik per harinya untuk kulkas tersebut adalah 2,4 kWh atau sekitar Rp 3.250,-. Artinya dalam sebulan, Anda harus membayar Rp. 97.500,-.

Namun, jumlah tersebut bisa lebih besar atau lebih kecil. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi konsumsi listrik kulkas Anda. Ini dia caranya.

Kulkas Lebih Hemat Listrik

Minimalisasi Buka Tutup Pintu

Hal ini merupakan cara paling umum untuk menghemat penggunaan listrik pada kulkas. Membuka dan menutup pintu kulkas dapat membuat udara dari luar masuk ke dalam kulkas. Hal ini akan menyebabkan mesin kulkas akan bekerja lebih berat untuk kembali mendinginkan udara di dalamnya.

Jika memungkinkan, sebelum membuka kulkas ketahui apa yang akan Anda ambil. Hal ini pula lah yang membuat banyak toko dan swalayan menggunakan kulkas dengan pintu kaca.

Penuhi Kulkas Anda

Jika Anda berpikir kulkas kosong mengonsumsi listrik lebih kecil, Anda salah! Faktanya, dalam keadaan setengah terisi atau bahkan hampir kosong, kulkas menggunakan energi lebih besar.

Jika kulkas Anda kosong, isi kulkas Anda dengan botol-botol berisi air. Air dingin yang ada di dalam kulkas akan membantu mempertahankan suhu dingin di dalam kulkas. Alhasil, energi yang dikeluarkan untuk mempertahankan suhu kulkas lebih kecil.

Akan tetapi, jangan biarkan kulkas Anda terlalu penuh karena akan mengganggu sirkulasi udara di dalam kulkas.

Ketahui Usia Efektif Kulkas Anda

Rata-rata perusahaan kulkas memberikan garansi selama 3 – 5 tahun untuk produk mereka. Dan kebanyakan produsen kulkas menyarankan pemakaian kulkas tidak lebih dari sepuluh tahun.

Jika lebih dari sepuluh tahun, akan ada tanda-tanda penuaan pada kulkas. Contohnya, es lebih lama membeku, banyak bunga es, dan masalah pada karet pintu.

Jika hal tersebut terjadi, otomatis penggunaan kulkas Anda menjadi tidak efisien. Sebaiknya Anda mengganti kulkas Anda dengan yang baru.

Pilih Kulkas Hemat Energi

Jika Anda berpikir untuk membeli kulkas baru, pilihlah yang memiliki fitur hemat energi. Kulkas dengan fitur tersebut tersedia sangat banyak di pasaran. Fitur ini akan membuat Anda lebih hemat energi hingga 30%.

Gunakan Fitur Defrost

Fitur defrost adalah fitur yang berguna untuk mencairkan bunga es yang ada pada freezer. Fitur ini akan mematikan fungsi thermostat dan membuat bunga es mencair.

Saat bunga es mencair, bersihkan freezer Anda untuk membuat aliran udara di dalamnya lebih lancar. Selain itu, fitur ini akan membuat freezer Anda beristirahat sejenak dan konsumsi listrik Anda berkurang.

Selamat mencoba!

About Author: Roria Simorangkir

Saat tidak sibuk menulis, ia akan menghabiskan waktunya untuk merajut, lari, dan menikmati film thriller. Penggemar Joko Anwar ini, bercita-cita menaklukkan New York Marathon sebelum berusia 30 tahun.

News Feed