Lampu Kerja Riggad dari Ikea Memenangkan iF Design Award 2016

Lampu Kerja Riggad dari Ikea Memenangkan iF Design Award 2016

Ikea memenangkan penghargaan iF Design Award melalui salah satu lampu kerja mereka, Riggad. Lampu charger wireless ini diumumkan sebagai pemenag di Munich dan mendapatkan iFlabel dalam kategori pencahayaan. iF Design Award sendiri merupakan salah satu ajang penghargaan desain tingkat dunia yang tahun ini menilai lebih dari 5.000 desain dari 53 negara. Jumlah dari berbagai negara tersebut sebanyak 2.400 peserta.

“Penghargaan iF merupakan prestasi luar biasa untuk sebuah karya. Kami sangat bangga bahwa lampu kerja Riggad mendapat pengakuan dari iF,” kata Björn Block, Manajer bagian Pencahayaan dari Ikea Home Smart di Ikea of Sweden AB.

Ikea mengembangkan Riggad berdasarkan penelitian yang dilakukan pada pelanggan mereka bahwa banyak orang menganggap mengisi ulang baterai merupakan pekerjaan yang merepotkan. Karena itu, lampu ini didesain untuk dapat mengisi ulang baterai ponsel ketika sedang bekerja. Dengan begitu, diharapkan dapat mengurangi tingkat stres saat kehabisan baterai dan mengurangi jumlah kabel di atas meja.

Di dasar lampu terdapat sebuah keping dan ponsel cukup ditempatkan di atasnya untuk mengisi ulang daya baterai. David Wahl, desainer di Ikea of Sweden AB menjelaskan, bahwa dirinya menginginkan charger yang dapat menyatu sehingga memudahkan proses mengisi ulang baterai, hasilnya ialah sebuah alas charger pada desain lampu.

Lampu kerja Riggad ini masuk dalam satu satu koleksi baru charger wireless Ikea dan produk dalam koleksi tersebut menggunakan teknologi bersertifikat Qi. Qi merupakan pihak ketiga yang mestandardisasi antarmuka global untuk tenaga listrik induktif. Kebanyakan pabrik ponsel saat ini menerapkan dan melengkapi perangkat dengan teknologi Qi. Ponsel yang tidak dilengkapi dengan teknologi ini pun tetap dapat diisi ulang dengan penutup charger wireless, Vitahult.

Foto: Dok. Ikea

LEAVE A REPLY