Laser Cutting, Aplikasi Motif Tradisional dengan Cara Modern

logo

Banyak material yang bisa dijadikan secondary skin pada bangunan. Salah satu material yang bisa Anda eksplorasi adalah metal sheet atau lembaran logam.

Agar tampilan metal sheet tersebut lebih menarik, Anda dapat membentuknya dengan menggunakan laser cutting. Salah satu bentuk yang bisa Anda aplikasikan ke metal sheet tersebut adalah motif tradisional seperti batik parang bahkan wayang.

Tidak hanya tampilan luar saja yang menjadi lebih menarik. Interior Anda juga akan menarik saat cahaya matahari masuk melalui secondary skin tersebut. Bayangan yang dihasilkan akan mengikuti motif yang ada pada secondary skin.

hal 22_Metal Dekoratif OK1

Contoh aplikasi motif tradisional tersebut pada metal sheet adalah pada rumah ini. Di sini, jenis metal yang digunakan berupa melted steel setebal 5 mm dengan finishing powder coating. Tampilan yang dihasilkan adalah doff atau tidak mengilap.

Secondary skin ini merupakan hasil produksi dari PT Duta Laserindo Metal (DLM). Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berfokus pada produksi dan pengolahan metal sheet.

hal 22_Metal Dekoratif OK

Untuk pengerjaan material dekoratif ini, DLM membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Proses dimulai dari proses desain motif yang dapat dilakukan oleh konsumen ataupun DLM. Dari situ akan dihasilkan gambar kerja yang digunakan untuk proses pemotongan dengan laser.

Proses pemotongan dengan laser ini akan menghasilkan produk yang presisi dan rapi.

Motif yang Tidak Terbatas

Selain motif tersebut, DLM juga menghasilkan motif lain yang tidak terbatas. DLM dapat menghasilkan motif yang sesuai dengan permintaan konsumen. Motif metal sheet dapat disesuaikan dengan selera dan karakter konsumen.

Jenis logam yang digunakan juga tidak hanya satu. Terdapat pula jenis logam lain yang ditawarkan DLM, yaitu stainless steel dan aluminium. Pemilihan material dapat disesuaikan dengan posisi metal sheet. Jika pengaplikasiannya di luar ruangan, stainless steel merupakan pilihan yang terbaik.

Untuk finishing, juga terdapat beberapa pilihan. Yang tersedia antara lain finishing cat duco dan polyurethane.

Untuk pengaplikasian bidan yang besar, DLM akan menggabungkan beberapa metal sheet yang berukuran 120 cm x 240 cm. Setiap lembaran logam tersebut disambung dengan mengelasnya pada frame selebar 5 cm. Pengerjaannya dibuat serapi mungkin sehingga sambungan terlihat seminim mungkin.

hal 22_Metal Dekoratif OK3 hal 22_Metal Dekoratif OK2

Tidak Hanya Laser Cutting

Tidak hanya mesin laser cutting, DLM juga memiliki mesin punching, bending, serta welding. Mesin mesin tersebut dapat menghasilkan berbagai produk. Salah satunya adalah perforated panel. Perforated panel dapat digunakan untuk komponen mekanikal dan elektrikal industri ataupun untuk keperluan dekoratif pada bangunan (architectural metalwork).

Tidak hanya piranti keras, DLM juga memiliki piranti lunak tiga dimensi. Prianti lunak tersebut menunjang proses pembuatan desain untuk memberikan gambaran pada konsumen produk akhirnya.

Dengan pabrik yang tersebar di Cikarang, Solo dan Surabaya, DLM siap menjadi perusahaan manufaktur logam yang memenuhi kebutuhan industri ataupun untuk kepentingan arsitektural.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY