Lebih dari 30 Seniman Berpameran di Dalam Boks

box2

Seperti apa jadinya jika karya seni ditampilkan sebebas-bebasnya dalam bentuk boks? Pameran “BOX” terprakarsai oleh empat seniman yaitu Yunizar Mursyidi, Tri Wahana, Najzil Layin, Dan Rizkiyan. Lebih dari 30 seniman berkreasi dalam boks mungil dan karyanya dipamerkan di Artotel Surabaya, pada tanggal 28 April – 2 Juni 2016.

“Pameran ini diadakan awalnya ingin mengadakan pameran bersama yang nggak berat materinya, yang kecil-kecil materinya. Intinya pameran yang fun dan karya baru yang memang disediakan untuk event tersebut. Saya terpikir membuat karya yang bisa menjembatani teman-teman dalam membuat karya yang menyenangkan, dari kotak kecil yang memiliki ruang kecil dan bisa diisi apa saja dan sedikit merangsang perupanya membuat karya yang sifatnya meruang meskipun keci. Ternyata di dunia seni rupa format box ini beberapa seniman kelas dunia pernah mengerjakan, seperti Damien Hirst, Salvador Dali, dan beberapa lagi.” ujar Yunizar Mursyidi.

karya-Tri-Wahana-untuk-BOX-

Mengetahui bahwa berkarya di ruang kecil juga dirasakan oleh beberapa seniman dunia, membuat keempat seniman ini memutuskan membuat pameran dengan format BOX (kotak).

Seniman-seniman yang terlibat dalam pameran ini berasal dari beberapa generasi. Beng Herman mewakili generasi 1970-an, sedangkan geneasi 1990-an ada: Billaningsih, Soegiarso Widodo, Soedjahjo Widodo, Mas Dibyo, Hari Young. Sementara Yunizar Mursydi, Dukan Wahyudi, Syalabiasa, Agung Suryanto (Tato), Joko Pramono (JOPRAM), Or/r (M. Arifin), Toni Jafar, Helmy.

Generasi 2010 ada: Romy Setiawan, Tri Wahan, Woro Indah, Arifin Londo, Bogel Asmuliawan, Safri, Najzil Layinan, Rizkiyan, Yudis, Andreas Widagdo, Tito, M. Fauzy,  yang paling muda lagi ada Icha, Twis, Bayu Edy, Dwi Januarto, Impo, Andre Wijaya, Heri Subiantoro, Muamar Firmansyah, Regea Novianto, Agung Prabowo, Toriq, Jindo, Ipung, Abu Dinata, Ebby Dwijaya, dan Sufi mewakili generasi 2000-an.

karya-Agung-Suryanto-(Tato)

Kurang lebih ada sekitar 32 seniman yang berpartisipasi. Seniman-seniman tersebut dibagikan kotak dengan ukuran 15×15 cm dengan ketebalan 6 cm sebanyak 5 kotak jadi ada sekitar 160 karya BOX. “Dalam prosesnya, kita mau tidak mau berkarya dengan media yang baru, hingga para seniman ditantang membuat karya yang belum akrab minimal dari sisi format dan media, tentunya hasil karyanya akan menarik dan segar baik dari sisi seniman yang membuat maupun pecinta seni yang sudah akrab dengan karya peserta pameran.” lanjut Yunizar.

Dengan adanya pameran ini, diharapkan semangat akan eksplorasi terhadap dunia kesenian khususnya di wilayah Surabaya, Jawa Timur dapat terbangun dan semakin bermunculan pencinta seni baru dari generasi muda.

karya-Woro-Indah-untuk-BOX-

karya-Agung-Prabowo-untuk-B

Foto: dok. pameran BOX

 

 

 

LEAVE A REPLY