Lengkapi Taman Anda dengan Ini!

elemen-tambahan-taman

Banyak konsep taman yang bisa Anda terapkan di taman Anda, baik di depan, dalam, dan belakang rumah. Namun, ada beberapa hal yang sering dilewatkan oleh pemilik taman saat merancang tamannya.

Hal-hal yang terlupakan tersebut tidak hanya berkaitan dengan tampilan tanaman. Ada juga yang berkaitan dengan aspek teknis taman serta mempermudah berkegiatan di taman.

Berikut ini adalah beberapa hal tersebut.

Stepping Stone

Pernah berpikir bagaimana caranya bergerak dari satu sisi taman ke sisi lain tanpa harus merusak rumput taman? Salah satu caranya adalah dengan menerapkan stepping stone.

Stepping stone dapat Anda buat dari batu yang dipotong, koral sikat, atau bahkan semen yang dicetak. Jika Anda memanfaatkan batu yang dipotong, pastikan batu tidak licin sehingga tidak mengakibatkan orang terpeleset. Mencetak stepping stone dari semen akan menghasilkan tampilan yang beragam dan menarik.

Peneduh

Banyak orang yang enggan menghabiskan waktu di taman karena teriknya matahari. Oleh karena itu, sediakan peneduh seperti gazebo di taman untuk Anda menikmati taman Anda.

Jika taman tidak terlalu besar, Anda bisa menggunakan kanopi yang menempel di bangunan. Kanopi ini juga akan melindungi bangunan Anda dari cuaca.

elemen-tambahan-taman-02

Hardscape

Taman tidak melulu soal tanaman atau softscape. Ada banyak hal lain yang bisa membuat taman Anda lebih baik, hardscape. Hardscape adalah berbagai benda mati yang digunakan di taman, seperti batu, furnitur, bahkan air.

Dengan adanya hardscape, taman Anda bisa jadi lebih menarik. Anda bisa menggunakan air mancur dengan bentuk batu di tengah taman Anda. Susunan batu juga akan menambah daya tarik taman Anda.

Saluran Drainase

Banyak yang menganggap remeh keberadaan drainase karena tidak terlihat. Padahal dengan adanya drainase, Anda dapat menghindari genangan di taman Anda. Selain membuat taman terlihat kotor, genangan air juga dapat merusak rumput.

Untuk mempercepat air menyerap ke tanah, buatlah biopori di taman. Jangan lupa menyediakan sumur resapan juga di rumah Anda.

SHARE
Previous articleAgar Si ‘Pucuk Merah’ Tumbuh Subur
Next articleKreatif Mengolah Mainan Bekas
Roria Simorangkir
Saat tidak sibuk menulis, ia akan menghabiskan waktunya untuk merajut, lari, dan menikmati film thriller. Penggemar Joko Anwar ini, bercita-cita menaklukkan New York Marathon sebelum berusia 30 tahun.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY