LG Siap Operasikan Pabrik Mesin Cuci

lg-pabrik-mesin-cuci

PT. LG Electronics Indonesia (LG), telah siapmengoperasikan pabrik mesin cucinya di Indonesia. Keputusan investasi ini dikatakan terkait dengan upaya perusahaan untuk dapat semakin melayani kebutuhan masyarakat akan mesin cuci LG yang semakin tinggi dan meluas. Pabrik mesin cuci LG ini sendiri menambah area fasilitas produksi LG yang berada di Legok, Tangerang.

Data terakhir LG menunjukkan penguasaan perusahaan atas pasar mesin cuci di Indonesia hingga mencapai 24% pada tahun 2014. Besaran ini menempatkan pabrikan elektronik yang berpusat di Korea Selatan tersebut pada posisi puncak penguasa pasar mesin cuci di Indonesia. Hal ini sekaligus memperpanjang penguasaan LG atas pasar mesin cuci di Indonesia yang telah dipegangnya sepanjang delapan tahun berturut-turut.

“Semakin tingginya permintaan mencerminkan semakin tingginya kepercayaan masyarakat. Inilah yang membuat manajemen LG mengambil keputusan untuk membuka pabrik mesin cuci di Indonesia,” ujar Bambang Supriyadi, Refrigerator and Washing Machine Director of LG Electronics Indonesia.

Pasalnya, menurut Bambang Supriyadi, kepemilikan pabrik di dalam negeri akan lebih mempermudah perusahaan dalam merespon dinamika pasar mesin cuci di Indonesia. Disamping jumlah permintaan, dinamika dimaksud dikatakannya terkait pula dengan pengembangan produk yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia.

Meskipun lebih ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan pasar domestik, dikatakannya, fasilitas produksi ini diproyeksikan pula untuk melayani kebutuhan ekspor perusahaan ke beberapa negara. Hal inilah yang membuat LG membangun pabrik mesin cucinya dengan fasilitas produksi yang terbilang lengkap.

Menempati lahan seluas tiga hektar, pabrik mesin cuci ini ditugaskan menangani pekerjaan mulai dari tahap perakitan, pengujian berbagai fungsi sebagai kontrol produksi, hingga mencapai tahap pengemasan. Sementara menilik dari kapasitas produksinya, pabrik ini memiliki kemampuan produksi hingga mencapai 700,000 unit dalam setiap tahunnya.

Sebagai tahap awal dikatakan Bambang Supriyadi, pabrik mesin cuci LG ini bakal mengkhususkan diri untuk memproduksi mesin cuci dua tabung (Twin Tub) untuk melayani kebutuhan pasar dalam negeri. Pada tahap awal ini angka produksinya mencapai perkiraan 20,000 unit untuk setiap bulan.

 

Terkait dengan rencana pengembangan ini, LG menyatakan telah memiliki ancang-ancang untuk menambah lini produk mesin cuci yang akan diproduksi di Indonesia yaitu jenis mesin cuci dengan bukaan atas (Top Load). Sementara di sisi lain, terdapat empat negara yang masuk dalam daftar rencana tujuan ekspor LG. Keempatnya yaitu Malaysia, Filipina, Thailand dan Meksiko.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY