Manfaat Mendesain Ruang Bermain untuk Anak di Rumah

Manfaat Mendesain Ruang Bermain untuk Anak di Rumah

Memiliki ruang bermain anak di rumah terkadang bukan hal yang mudah untuk diwujudkan. Selain karena membutuhkan sebuah ruang yang mungkin semuanya telah terisi, membuat ruang bermain juga membutuhkan dana. Namun, fokus utama ruang bermain seharusnya bukanlah pada luas dan banyaknya mainan, melainkan sabuah ruang untuk anak berkreasi. Karena itu, tidak harus besar dan luas. Selain itu, ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan bila orang tua mendesain ruang bermain untuk anak. Seperti apa?

Ruang untuk Bereksplorasi

Anak-anak membutuhkan ruang untuk belajar, berkreasi, dan bereksplorasi dengan aman serta nyaman. Ruangan ini dapat didesain untuk memenuhi semua kebutuhannya saat bermain. Ruang bermain sebaiknya juga dipisahkan dengan ruang lain, seperti kamar tidur. Selain karena ruang bermian berbeda dengan ruangan lain, tidak mencampurkannya juga membuat semua mainan dan buku dapat tersimpan dengan rapi.

Manfaat Mendesain Ruang Bermain untuk Anak di Rumah

Mengurangi Kesan Berantakan di Rumah

Tanpa ruang khusus untuk bermain, berbagai mainan dan barang anak dapat tercecer di setiap sudut rumah. Hal tersebut dapat membuat ruang terkesan tidak rapi dan berantakan. Namun, dengan adanya ruang bermain, kesan tersebut dapat diminimalkan. Hal ini karena semua mainan dan barang sudah terkumpul di satu tempat, orang tua pun hanya perlu menutup pintu bila tidak ingin tamu melihat mainan yang mungkin tidak tertata dengan baik di ruangan tersebut.

Melatih Tanggung Jawab Anak

Dengan adanya ruang bermain, orang tua dapat megajarkan anak arti tanggung jawab dengan membuatnya merapikan dan menjaga ruang tersebut. Selain itu, melibatkan anak untuk menata dan mendesain ruangan bisa membuatnya bersemangat untuk bermain dan semakin bertanggung jawab terhadap barang yang dia miliki.

Foto: decoist

LEAVE A REPLY