Meliana Tan Ingin Menjadikan Wisma Sehati Sebagai Tempat One Stop Shopping

meliana

Muda, cantik, cerdas, dan memiliki visi yang besar dalam menjalankan bisnis perusahaannya. Hal itulah yang melekat pada sosok Meliana Tan, Direktur Wisma Sehati. Wisma Sehati merupakan perusahaan terkenal yang menjual bahan bangunan untuk kamar mandi, dapur, dan lantai.

Meliana mengatakan bahwa keberadaan Wisma Sehati dimulai oleh usaha kedua orangtuanya yang merintisnya dari sebuah toko bangunan kecil di tahun 1982.  Walaupun kini Wisma Sehati sudah besar, tetap saja perusahaan tersebut membutuhkan regenerasi dalam menjalankan bisnisnya. Dengan latar belakang pendidikan ilmu bisnis di National University of Singapore, Meliana memutuskan untuk ikut mengelola perusahaan tersebut yang telah memiliki enam cabang di Indonesia. “Setelah lulus di tahun 2000, saya mulai ikut mengelola Wisma Sehati,” ujar Meliana.

Ia berkisah bahwa tak jarang dirinya membuat banyak kesalahan ketika baru memegang kendali bisnis di Wisma Sehati. Kemampuan Meliana dalam berbisnis juga tak jarang dipandang sebelah mata oleh beberapa orang ketika itu. Ia mengakui bahwa hal tersebut disebabkan dirinya kurang memiliki pengalaman. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, ia pun belajar dari berbagai kesalahannya sehingga pada akhirnya ia berhasil membuktikan kemampuannya.

Meliana juga banyak belajar dari kedua orangtuanya. “Saya tidak pernah bosan mendengar cerita mereka ketika membangun bisnis ini dari nol sampai pada akhirnya seperti sekarang. Mereka adalah guru besar dalam hidup saya,” ujar wanita kelahiran Semarang, tanggal 8 Januari 1979.

Memperbaiki kesalahan dan pembelajaran dari orangtuanya itu memotivasi Meliana untuk bekerja ekstra keras dan membuktikan kemampuan yang dimilikinya. Setelah 14 tahun menjalankan “roda bisnis” Wisma Sehati, Meliana semakin optimistis dalam menjalankan bisnisnya walaupun harus menghadapi ketidakpastian kondisi ekonomi dan kondisi politik di Indonesia.

Ia menganalogikan bahwa pihaknya tak perlu “berlari dengan cepat” dalam melawan kondisi itu, asalkan dirinya dapat “berlari” lebih unggul dari para kompetitornya. Sebagian besar gaya hidup masyarakat perkotaan telah memandang bahwa kamar mandi dan dapur merupakan area penting di dalam hunian yang menuntut desain lebih menarik. Hal inilah yang menjadi perhatian Meliana dalam menjual berbagai produknya.

“Saya ingin menjadikan Wisma Sehati sebagai sebuah tempat one stop shopping. Jadi, jika orang ingin berbelanja bahan bangunan maka mereka ingat Wisma Sehati. Oleh karena itu, kami tidak pernah berhenti untuk merenovasi showroom dan menambah variasi produk yang kami jual,” ujar Meliana yang memiliki hobi menonton film bergenre serial dan bermain biliar ini.

Foto: Ifran

*Dirangkum dari tulisan berjudul “Meliana Tan : Wujudkan Visi Wisma Sehati” di majalah Griya Asri edisi Maret 2014 yang ditulis oleh Adhitya P. Pratama

LEAVE A REPLY