Membuat Bonsai Bersama Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia

Membuat Bonsai Bersama Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI)

Seperti apa membuat bonsai? Bagi pecinta tumbuhan kerdil tersebut, kegiatan membentuk atau membuat bonsai barangkali bukan sesuatu yang aneh atau baru. Namun, bagi orang awam, aktivitas tersebut akan terdengar asing. Aktivitas ini dalam prakteknya terbagi menjadi beberapa langkah yang ditunjukkan langsung oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) dalam acara demo “Membuat Bonsai” di Living World.

Acara yang juga masuk dalam rangkaian Living World Asri Home Festival 2016 ini dipandu oleh Budi Sulistyo yang juga dikenal sebagai salah seorang pebonsai senior di Indonesia. Sementara, PPBI sendiri didirikan tahun 31 Agustus 1979 dan dahulu diketuai oleh Soegito Sigit yang juga dikenal dengan nama “Bapak Perintis Bonsai Indonesia”.

Membuat Bonsai Bersama Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI)

Demo ini menghadirkan dua tanaman yang tampilannya akan dibentuk menjadi bonsai. Proses pembentukan terdiri dari beberapa tahap yang diawali dengan pengawatan dan pemotongan. “Di Tiongkok sendiri dahulu tidak ada pengawatan, hanya pemotongan. Setelah masuk ke Jepang, mulai dilakukan pengawatan pada pohon,” ujar Budi.

Tahap pengawatan dilakukan untuk membentuk batang, dahan, serta bagian pohon lainnya agar tumbuh ke arah yang diinginkan. Sementara, pemotongan atau pemangkasan berguna untuk memilih batang dan cabang pohon yang ingin dipertahankan dan diatur pertumbuhannya. Setelah itu, dilakukan tahap pengelupasan. Dengan kata lain, pohon sengaja dikuliti untuk memberi kesan tua dan memperlihatkan “tulang-tulangnya”. “Cara ini juga bisa menimbulkan efek yang bagus saat pohon difoto,” jelas Budi.

Terakhir, dapat dilakukan penggantian pot pada tanaman yang sudah selesai dibentuk untuk semakin mempercantik tampilannya. Posisi dan penempatan tanaman di pot dapat disesuaikan dengan gaya yang digunakan.

Proses ini barangkali tidak mudah bagi para pemula, tetapi bila tertarik, latihan dapat membantu untuk membentuk tampilan bonsai yang diinginkan.

Foto: Ifran Nurdin, AZ

2 COMMENTS

    • Terima kasih sudah berkunjung ke majalahasri.com, semoga artikel-artikel kami senantiasa mendatangkan manfaat. Salam

LEAVE A REPLY