Mendesain Area Kerja di Ruang yang Terbatas

Kantor di Rumah

Saat ini sudah tidak asing lagi bila orang mendesain kantor atau ruang kerja di rumahnya. Dengan berbagai alasan, salah satu ruang di rumah pun difungsikan sebagai area untuk bekerja. Namun, kebutuhan tersebut terkadang sulit untuk dipenuhi bila semua ruang sudah terpakai. Lalu, bagaimana? Masih ada cara yang bisa dilakukan. Meski ruang kerja yang didapat barangkali tidak akan besar atau luas, ruang tersebut masih bisa dihadirkan. Tidak percaya? Coba cara berikut ini.

Kantor di Rumah

Perhatikan Sudut-Sudut Rumah

Saat semua ruang sudah terisi, beralihlah pada sudut-sudut lain di rumah, area terlupakan yang barangkali hanya digunakan untuk meletakkan barang atau lorong yang biasanya hanya dilewati. Sudut seperti area bawah tangga atau bordes merupakan area potensial untuk dimanfaatkan sebagai ruang kerja. Bisa juga, bagi fungsi sebuah ruangan yang terasa terlalu luas. Bila di rumah ada ruang wardrobe, ruang tersebut dapat didesain kembali kemudian ubah sebagian sisinya menjadi ruang kerja.

Pilah-Pilih Furnitur

Salah satu hal yang terpenting ada di ruang kerja ialah furnitur dan kabinet. Namun, yang tak boleh dilupakan juga ialah bahwa semua perabotan tersebut sebaiknya tidak akan memakan banyak tempat. Mengingat ruang terbatas, Anda harus pintar menyiasati kebutuhan dan memaksimalkan yang sudah ada. Gunakan meja yang dapat dilipat sehingga tidak memenuhi ruang saat tidak digunakan. Bisa juga, tambahkan floating shelves sebagai storage untuk meletakkan berbagai barang. Lakukan juga penataan agar semua barang yang dibutuhkan dapat ditempatkan dan tetap terlihat rapi.

Kantor di Rumah

Tidak Perlu Besar

Besar atau luasnya ruang kerja tersebut sebenarnya tergantung kebutuhan dan ruang yang tersedia. Namun, bila tidak terlalu luas, sebaiknya desain ruang kerja kecil saja agar rumah tidak menjadi begitu penuh ataupun terasa sesak. Hal ini tentu berbeda bila ruang yang tersedia cukup luas, meski begitu tetap perhatikan alur kegiatan di ruang sekitarnya.

Foto: Tri Rizeki Darusman

LEAVE A REPLY