Mendesain Ruang dengan Mempertimbangkan Kehadiran Anak

Mendesain Ruang dengan Mempertimbangkan Kehadiran Anak

Mendesain rumah dengan mempertimbangkan kehadiran anak terkadang menjadi dua kali lebih sulit dibandingkan dengan hanya mendesain untuk diri sendiri. Karena dengan kehadiran anak, semakin banyak hal yang harus diperhatikan. Terlebih, segala sesuatu bisa menjadi sensitif dan berbahaya untuk anak kecil. Oleh sebab itu, orang tua harus sangat berhati-hati.

Keamanan

Keamanan menjadi faktor penting yang tidak boleh dilupakan. Bila untuk orang dewasa keamanan begitu diperhatikan, untuk anak-anak hal tersebut bisa berkali lipat. Bukan hanya material dan bahan yang ramah lingkungan serta tidak beracun, melainkan juga permukaan benda atau furnitur yang digunakan. Tidak bisa dipungkiri, terkadang ada pinggiran furnitur yang terlalu tajam atau kasar bila terkena kulit. Untuk anak-anak, hal tersebut tentu harus dihindari. Belum lagi penempatan furnitur yang dapat mengganggu alur pergerakan anak sehingga memungkinkannya untuk terjatuh. Karena itu, sebaiknya letakkan furnitur dan berbagai benda di tepi atau dekat dengan tembok. Selain itu, pilih furnitur dengan bahan yang halus. Bila pinggiran tajam furnitur sulit dihindari, cobalah mengakalinya dengan membuat pengaman di ujung atau bagian-bagian yang tajam tersebut.

Multifungsi Furnitur

Mendesain ruang khusus untuk anak terkadang sulit diwujudkan oleh banyak orang. Banyak alasan yang mendasarinya, entah karena luas rumah atau biaya renovasi yang cukup mahal. Karena itu, mendesain tempat bermain di ruangan yang sudah ada menjadi solusinya. Namun, jika begitu, ruangan dapat penuh dengan berbagai barang. Oleh sebab itu, gunakan furnitur dengan banyak fungsi. Bench yang bisa menjadi coffee table, kursi atau furnitur yang bisa diperpanjang. Dengan multifungsi furnitur, space dalam ruang bisa dihemat dan ruangan tidak akan menjadi terlalu penuh dengan banyak benda. Ruangan yang tidak penuh juga akan bagus untuk anak karena tidak banyak benda yang menghalangi pergerakannya. Selain itu, karena anak masih akan terus bertumbuh, bisa juga gunakan furnitur yang bisa disesuaikan ketinggiannya (adjustable furniture) sehingga bisa dipakai untuk waktu yang lama.

Storage

Anak-anak membutuhkan banyak benda dan barang, karena itu pula memerlukan tempat penyimpanan ekstra. Namun, memenuhi ruangan dengan dengan storage bukanlah ide yang bagus. Untuk itu , Anda harus mencari cara agar semua storage tersebut tidak mengganggu tampilan ruang. Salah satunya, bisa dengan menjadikan storage tersebut sebagai bagian dari desain dengan memilih storage bergambar dan berwarna sesuai dengan gaya ruang. Sudut-sudut rumah yang biasanya diisi dengan pajangan atau hiasan dapat diganti dengan storage, lemari, atau rak gantung. Dengan begitu, kehadiran storage tidak akan merugikan ruang, justru dapat meningkatkan tampilan interior.

Lakukan Research

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak penemuan terhadap hal-hal baru. Tidak terkecuali segala macam material dan bahan yang digunakan untuk rumah atau furnitur untuk anak. Karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit penelitian mengenai apa saja yang aman dan baik untuk diletakkan di sekitar anak dan berbagai bahan, zat, atau material yang perlu dihindari.

Foto: Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY