Mendinginkan Rumah dengan Roof Garden

Mendinginkan rumah dengan roof garden

Taman di atap atau roof garden tidak hanya untuk menambah penghijauan atau meningkatkan tampilan di rumah, loh! Ternyata, taman atap tersebut bisa memberi manfaat lebih daripada itu. Arsitek, Riri Novriansyah dalam acara Kansai Paint, menyebutkan bahwa roof garden tersebut secara tidak langsung juga dapat mendinginkan ruang di bawahnya.

“Itu prinsipnya green roof. Jadi, kalau dak itu menyimpan panas dan sampai berapa waktu akan turun, sebaliknya bila dengan rumput, sifatnya lebih dingin. Setelah terkena hujan atau panas, panas tersebut dapat menguap sehingga tidak sampai ke dak,” ujarnya. Tidak hanya itu, secara prinsip green design, menurut Riri, roof garden turut menyumbang area hijau untuk lingkungan. “Selama ini kalau semua lingkungan sifatnya tertutup, area sekitarnya juga ikut panas, tetapi dengan atap-atap tersebut berarti kita menambah area hijau,” tambahnya.

Untuk membuatnya, tentu banyak hal yang harus diperhatikan. Riri menjelaskan, secara konvensional, dak tersebut diberi pelat beton lalu tambahkan beberapa layer insulasi untuk tanah. “Jadi, pertama diberi waterproofing, lalu koral atau batu apung, ijuk, pasir, kemudian tanah sekitar 10 cm,” ujar Riri.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan, seperti struktur atap rumah, sistem pengaliran air, serta jenis tumbuhan yang akan ditanam di atap. Meski akan sedikit memakan waktu dan perhatian, mendesain roof garden akan mendatangkan banyak manfaat yang dibutuhkan oleh rumah dan lingkungan. Karena itu, tidak ada salahnya bila Anda berencana untuk menghadirkannya di atap rumah!

LEAVE A REPLY