Mengagumi Keindahan Taman Zen Masa Kini

taman zenPopularitas konsep taman Zen dari Jepang rupanya menginspirasi banyak orang untuk menghadirkannya di dalam rumah. Konsep taman yang melambangkan harmonisasi kehidupan manusia dan alam ini diwujudkan melalui sebuah desain taman yang didominasi batu-batu yang disusun secara abstrak, kemudian terdapat kerikil atau pasir di sekitarnya.

Seperti dry garden, tidak banyak jenis tanaman yang digunakan pada taman Zen. Tanaman bambu atau lumut merupakan jenis tanaman yang umumnya terdapat pada desain taman ini, selebihnya taman didominasi oleh elemen hardscape seperti bebatuan ataupun kolam (water feature). Oleh sebab itulah konsep taman Zen banyak dipilih pada rumah-rumah bergaya modern minimalis.

Seperti yang dilakukan oleh pemilik rumah pada halaman seluas 9mx7m. Desainer landscape Andi dan Doni dari X’Otic Garden yang dipercaya merancang taman membuat konsep contemporary zen garden melalui desain yang tidak biasa. Meskipun didesain simpel dan mudah merawatnya tetapi taman rumah ini tetap memiliki karakteristik desain yang kuat sehingga menyajikan sebuah tampilan visual yang menawan.

taman zenGazebo berbentuk lingkaran merupakan point of interest dari keseluruhan taman belakang, didesain unik dengan “permainan” mozaik pada lapisan kulit luarnya. Pola serupa juga menginspirasi pembuatan wall accent yang mengisi salah satu dinding yang dihiasi dengan lekukan tegas tidak beraturan sebagai “terjemahan” dari garis-garis elemen mineral kristal. Ada bagian yang dilapis cermin untuk merefleksikan birunya langit dan ada pula bagian yang “diisi” lampu untuk merefleksikan cahaya ke arah luar.

taman zenGazebo diapit oleh permukaan tanah miring yang dilapis rumput sintetis hijau dengan batang-batang bambu yang seolah-olah tumbuh di antara tebing yang hijau menyejukkan mata. Permukaan tanah ditutup dengan pengerasan yang dibuat berpola lingkaran sebagai keseimbangan terhadap garis-garis geometris lainnya.

taman zenMeskipun keseluruhan berwarna putih tetapi “permainan” material kerikil koral tabur yang dipadukan dengan teknik aplikasi stepping stone dari granit sikat menghasilkan perbedaan tekstur yang menampilkan keindahan visual. Kehadiran unsur air dalam bentuk kolam dan pancuran merupakan pelengkap yang menyenangkan pancaindra serta memberi suasana kesejukan di seputar taman belakang.

Foto : Tri Rizeki
Lanskap : Andie dan Donny dari X’Otic Garden

LEAVE A REPLY