Mengatasi Kebocoran Pada Saluran Air

Sumber: http://plumber.ca/
Sumber: http://plumber.ca/

Dinding yang lembap bisa membuat kondisi rumah tidak nyaman.  Selain merusak penampilan rumah akibat bercak-bercak air, kondisi lembap juga dapat menimbulkan jamur, lumut, dan cat yang mengelupas.

Salah satu penyebab rembesan air pada dinding adalah adanya kebocoran pipa, baik pipa air bersih maupun kotor.

Pada pipa air bersih, jika yang digunakan adalah pipa logam, kemungkinan kebocoran ada pada sambungan. Sebagai pencegahan, sejak awal pipa harus direncanakan dengan sambungan sesedikit mungkin.

Sedangkan, untuk memperbaikinya, Anda harus membongkar dinding Anda untuk mencari sumber kebocoran. Untuk mempermudah mencari posisi sambungannya, gunakan denah pemipaan saat pembangunan rumah. Jika sudah menemukan sumber kebocoran, Anda dapat menggunakan sealtape untuk memperbaikinya.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kebocoran terjadi pada badan pipa. Untuk mengatasinya, Anda harus menggunakan lem besi untuk menambalnya. Jangan lupa untuk mematikan aliran air sebelum membongkar pipa.

Jika pipa yang digunakan adalah pipa PVC atau paralon, Anda dapat menggunakan lem PVC dan sealtape. Sealtape digunakan pada sambungan pipa yang memiliki drat. Dengan penambahan sealtape, sambungan akan menjadi lebih kencang sehingga tidak terjadi kebocoran.

Pada sambungan yang tidak menggunakan drat, Anda harus menggunakan lem PVC untuk merapatkan sambungan pipa. Gunakan pula lem PVC jika bagian yang bocor adalah pada badan pipa.

Jika solusi tersebut tidak juga berhasil mengatasi kebocoran, ada baiknya Anda memotong jalur pipa yang bocor kemudian diganti dengan yang baru. Sambung pipa tersebut serapat mungkin agar tidak terjadi kebocoran lagi.

Memperbaiki pipa bocor adalah salah satu hal yang sulit dilakukan, terutama jika pipa tertanam di dinding. Untuk mempermudah memperbaikinya, sejak awal posisikan pipa di luar dinding.

Penulis: Aisya Putrianti dan Roria Simorangkir

SHARE
Previous articleConwood Gelar Sayembara Desain
Next articleYuk, Intip “Surganya” Pencinta Cokelat
Roria Simorangkir
Saat tidak sibuk menulis, ia akan menghabiskan waktunya untuk merajut, lari, dan menikmati film thriller. Penggemar Joko Anwar ini, bercita-cita menaklukkan New York Marathon sebelum berusia 30 tahun.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY