Mengenal Lebih Dekat “Si Cantik” Bromelia

Bromelia

Meskipun tren tanaman datang silih berganti, tanaman Bromelia (Bromeliaceace) tak pernah kehilangan pesonanya. Keindahan serta variasi warna bunganya yang memukau membuat tanaman yang masih satu keluarga dengan nenas ini menjadi salah satu tanaman favorit penghias taman maupun interior rumah.

Adanya proses kawin silang atau hibrida membuat tanaman asal Amerika Latin ini memiliki banyak sekali varian jenis. Namun, untuk mempercantik sudut taman, banyak pecinta taman yang lebih memilih Bromelia jenis B. Neurologia yang hidup secara berkoloni atau berkelompok dengan variasi daun yang indah.

Merawat Bromelia sebenarnya tergolong mudah. Hanya membutuhkan sabut kelapa atau cacahan pakis sebagai media tanamnya. Sementara proses penanamannya sebaiknya tidak sepenuhnya menggunakan tanah, karena beresiko terserang jamur nemotoda dan cepat membusuk. Oleh karena itu, kombinasikan dengan pasir agar proses pertumbuhan lebih optimal.

Selain media tanam, perlu diperhatikan pula perletakkan tanaman ini. Keindahan warna daun Bromelia sangat tergantung pada paparan cahaya matahari. Maka, letakkan di tempat yang cukup mendapat sinar matahari secara bertahap. Untuk bulan pertama, sebaiknya batasi paparan sinar matahari selama 6 jam saja, berikutnya Anda bisa menambahkan intensitas waktu menjadi 12 jam. Hal itu dilakukan agar Bromelia beradaptasi terhadap cuaca panas.

Foto : healthyhomegardening

LEAVE A REPLY