oleh

Mengenal Ragam Kain Pelapis Sofa

Diantara berbagai jenis bahan pelapis sofa yang beredar di masyarakat, bahan kain adalah salah satu primadonanya. Beberapa jenis kain yang memiliki tekstur halus dan mampu menyerap panas tubuh membuat bahan ini terasa nyaman saat diduduki dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, bahan kain juga memiliki motif dan warna yang lebih beragam dibandingkan bahan kulit (simak uraian tentang bahan kulit di sini).

Namun, kekurangan bahan ini adalah mudah kotor dan menyimpan debu, sehingga memerlukan perawatan secara berkala untuk menjaga higienitas dan kualitasnya. Berikut ini adalah jenis-jenis bahan kain yang dapat Anda pilih.

bahan katun

Katun

Katun merupakan jenis kain yang paling sering dipilih sebagai pelapis sofa. Bahan ini terbuat dari tenunan yang semakin rapat jalinan benangnya, akan semakin baik kualitasnya dan nyaman diduduki. Harganya pun cukup terjangkau dan tersedia dalam beragam pilihan warna dan motif.

Kekurangan bahan ini adalah tidak tahan lama karena bahan lebih beresiko cepat robek atau warna memudar dan memerlukan perawatan berkala agar tidak ditumbuhi jamur.

Polyester

Keunggulan bahan ini adalah daya tahannya yang tinggi karena memiliki daya serap yang rendah terhadap air, dan mudah terlipat.

Linen

Rendahnya kemampuan bahan menyerap tinta membuat bahan linen umumnya tampil polos tanpa motif. Bahan pelapis ini sangat lembut, mudah berkerut dan cenderung lebih panas.

kain pelapis sofa

Akrilik

Dibandingkan dengan bahan lain, bahan akrilik lebih tahan terhadap panas matahari, cepat kering jika terkena cipratan air, ringan dan tahan lama. Oleh sebab itu, bahan ini cocok digunakan di area outdoor.

Nilon

Bahan ini juga cukup populer sebagai pelapis sofa karena bahannya yang tahan air, tidak mudah robek dan tahan lama.

Chenille

Bahan chenille merupakan bahan yang tengah populer saat ini. Teksturnya mirip dengan bahan corduroy. Meskipun sangat halus, bahan ini tidak tahan air dan sulit dibersihkan jika terkena noda.

kain pelapis sofa

Fotografer : Ifran Nurdin

About Author: Astri Diana

Born to be a writer adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan sosok ibu dua anak ini. Dia bahkan sering memanfaatkan waktu senggang dengan menulis cerita-cerita fiksi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed