oleh

Mengenal Ukuran Dimensi Mobil Yang Sesuai Sebuah Garasi

-Desain, Interior, Tips-1.058 views

Kenali luasan dimensi garasi anda untuk menampung satu atau lebih mobil, disertai pula tempat menyimpan pekakas barang, mesin, atau beberapa keperluan lainnya

Sekarang ini umumnya area dimensi garasi sebuah mobil, adalah lebar antara 2,7 sampai 3 meter. Dengan panjang mulai 5,4 hingga 6 meter, dengan lebar pintu garasi sekitar 2,4 meter untuk 1 unit mobil. Namun, terkadang kita juga menginginkan ruang tambahan untuk dapat menyimpan atau meletakkan benda – benda lain. Untuk itu, rasanya kita perlu untuk membuat perubahan dimensi dalam membuat garasi. Hal tersebut juga perlu untuk mengikuti berbagai ukuran dan model mobil terbaru yang telah beredar dipasaran. Berikut ini adalah contoh desain luasan garasi terbaru, untuk mengikuti dimensi mobil saat ini.

 

Ukuran Pintu Garasi

dimensi pintu garasi mobil ideal
Pada sebuah garasi umumnya memiliki Lebar Pintu minimal 2,4 meter untuk 1 unit mobil. Namun Andapun dapat memaksimalkan hingga 2,7 meter, untuk meminimalkan kecelakaan sepatbor mobil menggores pintu garasi. Mungkin terkadang ada desain pintu yang lebih sempit sekitar 1,5 hingga 2 meter, biasanya ukuran tersebut untuk garasi mobil golf atau sejenisnya dengan dimensi mobil yang kecil. Nah, untuk ukuran pintu garasi dengan dimensi 2 unit mobil, lebar idealnya minimal 4,3 meter atau 4,6 hingga 5 meter.
Sedangkan standar tinggi pintu garasi yang ideal adalah +/- 2 meter hingga maksimal 2,5 meter. Ataupun Anda juga bisa membuat tinggi khusus sesuai dengan dimensi mobil kesayangan ataupun desain yang Anda buat sendiri, hal ini tentu saja memerlukan biaya tambahan.

 

Dimensi Garasi Untuk Dua Mobil

Disini terdapat konsep garasi dengan dimensi dua unit mobil secara umum, dengan sebuah pintu masuk garasi dengan lebar 4,9 meter. Dipojok juga terdapat pintu selebar 1,2 meter, dan pintu dalam untuk masuk ke dalam rumah dari garasi idealnya memiliki lebar 80 cm.

dimensi garasi 2 mobil

Dimensi dan Interior Garasi Secara Keseluruhan

Dimensi umum untuk 1 unit mobil didalam garasi ialah 3 x 6 meter, dengan ukuran tersebut memungkinkan untuk kita bergerak. Seperti membuka pintu mobil, berjalan dari depan dan belakang mobil setelah mobil parkir di garasi.

Panjang ideal sebuah garasi minimal 7 meter, ruang ini dapat dipakai untuk meletakkan peralatan ataupun penyimpanan seperti lemari atau rak.
Terkadang juga tidak cukup ruang dengan ukuran yang dianjurkan tersebut, hal tersebut dapat diatasi dengan membuat lemari atau rak pada dinding yang menjorok kedalam untuk menempatkan peralatan mekanik yang mungkin Anda perlukan

dimensi interior garasi mobil ideal

Dengan banyaknya zonasi serta peraturan bangunan yang memiliki dimensi minimum sebuah ruangan misalnya untuk garasi ini, maka pastikan Anda tahu berbagai dimensi tersebut saat mendesain garasi untuk mobil kesayangan. Peraturan bangunan seperti aksesori pintu, perlindungan sistem mekanik mobil, atau pembuka pintu garasi. Akan lebih baik jika Anda dapat berkonsultasi dengan seoarang arsitek untuk memecahkan masalah yang mungkin timbul.

Celah Antar Mobil

Untuk dimensi garasi dengan 2 mobil atau lebih, buatlah celah dengan ukuran 80 cm antar mobil, agar Anda dapat leluasa saat membuka pintu tanpa takut membentur pintu mobil lain. Intinya kita dapat masuk dan keluar mobil dengan nyaman.

 

sumber pic : Pinterest

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed