Menginspirasi Melahirkan Gagasan

Seorang arsitek Yori Antar menganalogkan kantornya yang berlokasi di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, bagaikan kapal penjelajah ruang angkasa yang selalu bereksplorasi untuk menemukan hal-hal baru. Misi ini diwujudkan dalam konsep kantor yang dirintis bersama dengan ayahnya, arsitek ternama Han Awal.

Visualisasi desain diawali dengan keinginan untuk menciptakan kantor dengan suasana rumah (homey) tetapi tetap mempertahankan suasana disiplin kerja sekaligus bisa digunakan untuk tempat bersosialisasi dengan para staf.

Tiap sudut dirancang agar dapat memotivasi gagasan-gagasan yang inovatif. Pada lahan seluas 1500 m2 yang berkontur ini berdiri bangunan utama, bangunan bundar dan bangunan gazebo. Bangunan utama digunakan untuk ruang kerja dan beberapa ruang pertemuan sedangkan bangunan bundar untuk ruang perpustakaan dimana roof top-nya bisa digunakan untuk melihat pemandangan ke sekeliling lingkungan. Antarmassa bangunan terhampar ‘hijauan’ yang disesuaikan dengan fungsi dan situasi tapak.

Anggia Murni dari Tropica Greeneries menggagas konsep instant trees untuk mewujudkan usulan Yori tentang konsep hijauannya tadi. Area outdoor dirancang alami dengan tanaman tropis yang mengisi celah-celah diantara massa bangunan.

Setiap sudut ruangan dalam memiliki orientasi ke arah taman. Itulah sebabnya lebih banyak area terbuka yang sengaja diciptakan pada keseluruhan kaveling. Puncak perhatian untuk eksplorasi outdoor ada di seputar kolam renang Konsep.

Anggia juga mengusulkan beberapa pohon-pohon langka yang memiliki nilai falsafah tertentu seperti pohon bodi (Ficus religiosa), sausage tree (Kigelia pinnata), cempaka yang menghasilkan bunga aromatik (Michelia campaca), kamboja putih (frangipani) pohon kelapa untuk lanskap kantor ini. Anggia menerapkan proses penanaman secara bertahap untuk menciptakan iklim mikro yang cocok untuk tiap jenis tanaman. Atap massa bangunan ‘bundar’ yang disebut night on the round table dikelilingi oleh pohon kamboja bunga putih dan fancy grass yang bertekstur lembut.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

Lokasi: Kantor Han Awal – Bintaro , Jakarta Selatan
Arsitek Prinsipal: Yori Antar
Arsitek Lanskap: Anggia Murni dari Tropica Greeneries
Penulis: Viva Rahwidhiyasa
Fotografer: Ahkamul Hakim