Menguak Eksotisme Pulau Bawah, Kepulauan Anambas

anambas1

Pulau kecil yang berlokasi di wilayah perbatasan atau pulau terluar seringkali tak mendapat perhatian yang sama besar dengan pulau-pulau besar yang ada di dalam wilayah negara Republik Indonesia. Padahal, pulau-pulau ini memiliki potensi yang jika dikembangkan secara optimal bisa mendatangkan keuntungan tersendiri bagi Indonesia.

Menggali indahnya Indonesia tampaknya tak akan ada habisnya. Namun, masih banyak sekali pesona Indonesia yang belum terjamah dan dikenal oleh masyarakatnya sendiri, seperti Kepulauan Anambas, yang berlokasi di Kepulauan Riau.

( Baca juga: Bersantap Barbeque di Echo Beach, Canggu, Bali )

anambas3

Berada di Laut Cina Selatan, Anambas merupakan wilayah yang sangat strategis. Dengan luas sekitar 46.000 km2 dan 255 pulau, lebih dari 90 persen wilayahnya adalah lautan. Memang akses transportasi masih menjadi kendala. Perjalanan dari Jakarta-Batam naik pesawat memakan waktu 2 jam dan dari Batam untuk sampai ke Matak, harus naik pesawat lagi. Dari Matak, untuk sampai ke dermaga, harus menggunakan bus atau mobil, kemudian naik boat ke kota Tarempa, ibu kota kabupaten kepulauan anambas.

Dari segi pariwisata, sudah ada pulau-pulau yang nantinya akan diunggulkan sebagai objek wisata. Beberapa di antaranya seperti pulau Penjalin, Padang Melang, Pulau Bawah dan Pulau Akar.

( Baca juga: Temukan Beragam Jenis Biota Laut Di Pulau Payar )

anambas4

Pulau Bawah merupakan salah satu pemikat dari banyaknya pesona di Kepulauan Anambas. Pantai di Pulau Bawah bersih dan masih jernih karena belum diketahui banyak wisatawan. Untuk menyeberang ke Pulau Bawah lainnya ada yang bisa diseberangi dengan berjalan kaki karena pantainya cukup landai, ada yang harus diseberangi dengan kano, sambil menikmati pemandangan sekitar. Anda yang hobi snorkeling dan diving bisa disalurkan di sini, Anda akan disajikan pemandangan terumbu karang warna-warni dan ikan-ikan yang berenang.

( Baca juga: Menikmati Keindahan Pantai Tanjung Aan )

Foto: Aprillia Ramadhina

LEAVE A REPLY