Mengungkap Tujuh Pantai “Perawan” Di Selatan Yogyakarta

7 pantai di yogyakarta

Anda pasti sudah tahu bahwa Yogyakarta terkenal dengan Pantai Parangtritisnya. Sebenarnya Anda bisa memperpanjang waktu liburan Anda untuk meneruskan berwisata ke pantai lainnya di selatan Yogyakarta.

Berlokasi di wilayah selatan Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul, pantai-pantai ini memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik dibandingkan deretan nama pantai terkenal di pulau Bali. Beberapa pantai disana bahkan terbilang masih “perawan” berbalut pasir putih dan suasana yang tenang dan nyaman. Ketujuh pantai di selatan Yogyakarta ini menjadi tempat pelarian yang pas untuk melepas penat dan hiruk pikuk ibukota.

Pantai Baron

Diapit oleh dua tebing tinggi, pesona pantai Baron tak perlu diragukan lagi. Selain keindahan lautnya, pantai ini juga terkenal sebagai dermaga nelayan dan tempat pelelangan ikan. Jika Anda berkesempatan mengunjungi pantai ini, jangan lewatkan mencicipi gorengan atau ikan segar hasil tangkapan para nelayan.

Pantai Kukup

Sekilas suasana di pantai ini mengingatkan kita akan suasana Tanah Lot di Bali. Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini, Anda perlu menyeberangi jembatan yang menghubungkan tebing satu dengan tebing lainnya. Di puncak tebing terdapat sebuah gazebo sebagai tempat untuk melihat pesona alam di sekitar pantai Kukup.

Pantai Krakal

Pantai Krakal merupakan pantai pasir putih yang termasuk landai dengan jalur pantai yang paling panjang yaitu sampai mencapai 40.000 km. Untuk mencapai tempat yang tinggi di kawasan Krakal, Anda harus mendaki bukit tebing dan melewati pepohonan dengan landasan batu karang yang cukup tajam. Dari puncak tebing Anda bisa menikmati pemandangan ke arah lautan lepas. Disini pulalah tempat yang ideal untuk menanti keindahan pemandangan matahari terbit dan tenggelam.

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan berada berdampingan dengan Pantai Krakal. Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai indah yang lokasinya tersembunyi dari hiruk pikuk pusat kota. Pantai Sadranan memiliki hamparan pasir putih yang bersih

Pantai Indrayanti

Jika Anda menginginkan suasana yang lebih ramai dan tertata, Pantai Indrayanti lah tempatnya. Selain keindahan pantainya, fasilitas yang disediakan pun lebih lengkap dan lebih terkelola dengan baik, seperti restoran dan kafe yang memiliki view ke arah pantai serta penginapan berupa cottage. Anda harus mengalokasikan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan berwisata di pantai lainnya.

Pantai Siung

Pantai Siung terkenal dengan tebing karangnya yang berukuran besar. Di sisi timur dan sisi barat, Pantai Siung diapit oleh karang. Di pantai ini pun terkenal dengan banyaknya jalur panjat tebing. Selain pasir putih yang menghampar, ternyata terdapat pula pasir hitam yang konon katanya merupakan sisa letusan gunung api zaman dulu di Gunung Kidul.

Pantai Wediombo

Nama Wediombo berasal dari bahasa Jawa yaitu wedi yang artinya ‘pasir’ dan ombo adalah ‘lebar’. Meskipun pada kenyataannya Pantai Wediombo tidak memiliki jalur yang terlalu panjang dan hanya berupa teluk yang diapit karang, tetapi pantai yang satu ini juga tidak kalah indah dibandingkan dengan pantai lainnya. Dipantai ini, pasir putih masih menutupi sebagian daratannya. Namun, ada pula batu-batu koral yang menghiasi dan menyatu dengan pasir putih.

Foto : Yuli Istanto

LEAVE A REPLY