Menuju Ruang Baru Berkesenian

IF__MG_6896

Ada sebuah ruang yang hanya bisa dimasuki apabila kejujuran menjadi hal yang dijunjung tinggi-tinggi dalam berkarya. Ruang itu bernama jiwa. Komunitas ini menampilkan jiwa mereka melalui karya-karya dua dimensi dan juga tiga dimensi untuk menuju ruang baru dalam berkesenian.

Berberapa waktu lalu, Gedung C di Galeri Nasional Jakarta dihiasi oleh puluhan karya seni yang terdiri dari lukisan, grafis, desain interior, patung, dan karya instalasi hasil garapan seniman-seniman dari Komunitas Doea Pintoe.

Komunitas Doea Pintoe adalah kelompok senirupa yang mempunyai keinginan bersama untuk memunculkan kesadaran saling memahami kelebihan dan kekurangan dalam ruang kreatif.  Para anggotanya berasal dari berbagai latar belakang profesi, seperti PNS, karyawan, guru, wiraswasta dan lain-lain.

IF__MG_6919

Mereka berusaha menghapus dimensi ruang (jarak) dan menggantikan dengan sebuah ruang baru tanpa dinding pembatas. “Sebuah kedekatan tidak diukur dengan jarak tetapi dengan ide gagasan dan semangat berkesenian”, Ujar Janu PU, kurator Pameran Ruang Baru.

Ide gagasan disampaikan melalui tema yang dipilihnya, yaitu Ruang Baru. Menurut Komunitas Doea Pintoe, Ruang Baru adalah sebagai awal tanpa harus melupakan yang lama atau sejarah yang membentuk karakter seseorang.

IF__MG_6902

Ruang baru bukanlah sebuah tempat berdinding, namun lebih merujuk kepada ruang yang menampung keberadaan dan eksistensi diri sebagai awal dalam melakukan hal baru serta untuk meluapkan berbagai kreatifitas dengan cara mengisinya dengan karya sesuai dengan selera para anggotanya.

Lihat saja karya Agus Ishwayudi berjudul Urban Sex. Ia menggunakan material bambu untuk menunjukan kepedulian dirinya terhadap isu-isu gender di kota-kota besar, seperti Jakarta.  Ary Okta merespons tema pameran melalui lukisan berjudul Smilling Tree yang menampilkan sisi eksplorasi berkesenian dirinya.

IF__MG_6912

Pameran ini menjadi langkah Komunitas Doea Pintoe dalam menuju ruang yang baru dalam berkesenian. Semoga Ruang Baru ini bisa diterima sebagai sebuah semangat baru untuk melakukan sebuah awal yang lebih baik dalam berkesenian maupun ketika menjalani ruang hidup kita semua. Sebuah tema yang menginspirasi.

 

Fotografer : M. Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY