Menyejukkan Rumah Lewat Green Wall Pada Fasad

green wall pada fasad

Ada berbagai cara untuk menciptakan rumah sehat yang nyaman dan asri. Salah satu pendekatan yang seringkali dilakukan adalah menghadirkan bukaan-bukaan pada ruang serta ruang terbuka yang dihiasi beraneka macam tanaman hijau. Namun apa jadinya jika tanaman hijau tersebut menghiasi fasad bangunan?

Fasad bangunan sebuah hunian yang berlokasi di wilayah Bintaro, Tangerang ini berhasil ‘mencuri’ perhatian orang saat melintas di depannya. Pasalnya, bagian dinding pada bangunan dua lantai bergaya modern itu ditutup oleh green wall ataupun tanaman rambat. Kemudian di sekelilingnya terdapat beragam jenis tanaman hijau yang menyejukkan mata.

Konsep desain tersebut ternyata merupakan keinginan pemilik yang kemudian dikerjakan oleh Arsitek Ryadi Rizal Barsjah dan Eko Sulistyo dari Desain RumahKoe. Arsitek menerapkan konsep new vernacular yang mengedepankan unsur lokal dan pendekatan ramah lingkungan.

Dari tampak muka terlihat seperti tiga massa bangunan yang disatukan. Satu massa bangunan utama berbentuk vernakuler dengan atap pelana yang berada di tengah, selanjutnya diapit oleh dua massa bangunan modern dengan atap datar di sisi kiri dan

di sisi kanan.

Antarmassa bangunan merupakan ruang terbuka dalam bentuk taman atau kolam ikan serta dinding-dinding tinggi yang ditutup dengan hijauan dari tanaman merambat ataupun green wall. Dengan komposisi ruang seperti ini, keberadaan ruang terbuka di antara ruang berfungsi sebagai “kantung udara” yang mendorong terjadinya pergerakan udara segar dan meneruskan cahaya alami masuk sampai ke sudut-sudut ruang terdalam sehingga terasa sehat dan nyaman.

Untuk menghindari efek panas matahari sore, bidang dinding yang menghadap ke arah Barat “dilapis” dengan vertical garden sehingga panas matahari yang tajam diredam oleh tanaman sebelum masuk ke dalam. Di lantai atas, ruangan di balik dinding tersebut merupakan kamar mandi yang melengkapi kamar tidur utama, yang juga berfungsi sebagai “penyangga” agar kamar tidur utama tidak bersinggungan langsung dengan dinding tersebut.

Penerapan desain ini tak hanya berhasil menyejukkan mata, tetapi juga mampu meredam panas serta mengalirkan udara dengan baik, sehingga rumah terasa lebih sejuk meskipun tanpa bantuan pendingin udara.

Foto : Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY