Menyesap Kopi Khas Nusantara Di Coffee Smith

Semerbak aroma kopi tercium di seisi ruangan sebuah kedai bergaya industrial yang berlokasi di kawasan Jakarta Selatan. Di tempat ini, siapa pun dapat menyesap rasa kopi berkualitas dari nusantara dalam suasana yang akrab dan bersahabat.

Salah satu kedai kopi yang memiliki konsep menarik adalah Coffee Smith Jakarta. Dibuka sejak bulan Juni 2015 oleh tiga orang yaitu Aga, Cindy Herlin Marta, dan Rendy Mahesa, tempat ini menjadi lebih dari sekadar tempat ngopi dan berkumpul bersama. Di baliknya, terdapat misi yang ingin dicapai yaitu mengenalkan berbagai macam jenis kopi asli dari tanah air.

Kopi yang ditawarkan di sini merupakan jenis single origin yang berasal dari petani-petani kopi di berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatera, Pulau Jawa, Papua, Flores, Toraja, dan berbagai daerah lainnya. Pengunjung bebas memilih jenis minuman kopi yang sesuai dengan kesukaan dan karakternya.

Sedangkan dari sisi interior, kedai kopi seluas kurang lebih 20 m² ini menerapkan konsep desain bergaya industrial. Material besi, kayu, dan dinding dengan finishing semen ekspos tampak mendominasi ruangan. Pada salah satu bagian dinding, aplikasi mural menjadi hiasan dan aksen yang artsy bagi penampilan interior kedai kopi ini.

Konsep desain tersebut dipilih untuk merepresentasikan nama tempat yang jika ditelaah memiliki falsafah bagus sebagai wadah bagi para artisan (pengrajin/barista) kopi. Kata smith yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘pandai besi’ diidentikkan sebagai seorang artisan atau pengrajin kopi.

Dengan datang ke kedai kopi ini, pengunjung tidak hanya dapat menyesap berbagai karakter kopi dari nusantara yang saat ini sudah menjadi sebuah gaya hidup tersendiri bagi masyarakat. Namun, pengunjung juga dapat merasakan bagaimana dedikasi para petani, barista, dan pemilik kedai kopi dapat berjalan beriringan.

 

Foto : Tri Rizeki

LEAVE A REPLY