Menyewa Apartemen? Perhatikan Empat Aspek Berikut Ini!

Menyewa Apartemen

Menyewa menjadi solusi saat dana untuk membeli hunian belum mencukupi. Tidak hanya rumah, menyewa apartemen pun kini dijadikan sebagai salah satu alternatif. Terlepas dari gengsi dan kesan mewah, apartemen sering kali lebih unggul dari segi lokasi. Hal ini umumnya karena letak apartemen berada di tempat strategis, pusat-pusat kota, atau dekat dengan banyak perkantoran. Namun, jangan langsung terlena dengan kesan atau keunggulan tersebut karena menyewa apartemen bukan berarti tanpa masalah. Tidak berbeda saat mengontrak rumah, ada banyak aspek yang juga harus diperhatikan saat menyewa apartemen. Apa saja? Ini dia.

Tujuan dan Alasan

Tinggal di apartemen tidak hanya mengenai gengsi. Akan lebih baik, sebelum memutuskan untuk menyewa salah satu unit, perjelas tujuan dan alasan yang melatarbelakanginya. Apakah Anda memang benar-benar perlu menyewa apartemen? Pertimbangan ini perlu dilakukan mengingat kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen yang nanti akan dihadapi. Jangan sampai, biaya besar yang dikeluarkan tidak sebanding dengan apa yang diterima dan harapkan.

Faktor seperti, interaksi dan komunikasi yang kurang dengan tetangga, fasilitas yang digunakan bersama, dan harga yang mahal dengan luas terbatas, tidak boleh luput dari perhatian. Pertimbangkan pula faktor lain, seperti lokasi, mobilitas keseharian, kemudahan akses, serta jarak tempuh yang diperlukan untuk sampai tempat kerja atau tempat-tempat lain yang ada dalam rutinitas. Dengan mengetahui berbagai faktor yang ada, dapat membantu Anda menyusun prioritas dan mengambil keputusan sesuai dengan kebutuhan.

Menyewa Apartemen

Biaya

Biaya yang dimaksud bukan hanya biaya sewa, melainkan juga biaya lain yang akan menyertai, seperti maintenance atau service charge. Selain itu, pertimbangkan pula uang muka, uang jaminan, atau bahkan biaya untuk membeli perabotan bila apartemen tidak full furnish.

Semua biaya tersebut tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas finansial yang dimiliki. Pastikan pula biaya yang dikeluarkan sepadan dengan kondisi apartemen, lokasi, dan fasilitas yang ditawarkan. Terakhir, hitung dengan cermat setiap biaya yang mungkin akan dikeluarkan atau jika perlu buatlah perencanaan anggaran.

Unit Apartemen

Layaknya saat akan mengontrak rumah, unit apartemen yang akan disewa juga harus diperiksa dan dilihat secara langsung untuk memastikan kondisi terbarunya. Dari mulai, keadaan dalam apartemen, saluran air, listrik, hingga ketersediaan alat pemadam kebakaran, hingga letak tangga darurat. Pengecekan langsung ini sangat diperlukan sehingga seandainya terdapat kerusakan pada unit, beban tersebut tidak menjadi tanggung jawab penyewa.

Perjanjian Sewa

Aturan-aturan sewa yang dibuat merupakan tindakan pencegahan terhadap masalah yang mungkin akan muncul. Aturan ini bukan hanya akan melindungi kepentingan Anda sebagai penyewa, melainkan juga pemilik dan para penghuni apartemen lainnya. Karena fasilitas di apartemen umumnya digunakan secara bersama, perjanjian sewa tersebut dapat mengatur fasilitas apa saja yang menjadi hak penyewa. Selain itu, tentu saja perjanjian tersebut mencantumkan kesepakatan tertulis lainnya, seperti hak dan kewajiban tiap pihak, biaya sewa, lamanya jangka waktu sewa, dan biaya kerusakan.

Foto: Tri

LEAVE A REPLY