Menyiasati Lahan Memanjang Dengan Cara Membagi Massa Bangunan

menyiasati lahan memanjang

Kondisi lahan yang tak lazim merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi oleh arsitek. Dengan bentuk lahan yang ada, arsitek ditantang untuk mengolah setiap sudut agar berfungsi secara maksimal. Hal inilah yang dirasakan oleh desainer interior Eduardus Tri Aryo saat merancang hunian pribadinya yang berlokasi di Jakarta Selatan ini. Lahan berbentuk ‘L’ seluas 7 x 27 meter persegi yang memanjang ke bagian belakang itu harus mampu mengakomodir beragam kebutuhan ruang pemilik.

3959-3960

Hunian dua lantai ini merupakan proyek renovasi yang dirancang sendiri oleh pemilik sejak setahun yang lalu. Bangunan lama yang berdiri di atas lahan seluas 320 meter persegi itu dirasa terlalu luas, oleh sebab itulah keduanya sepakat untuk membangun ulang rumah mereka dengan memanfaatkan setengah dari luas lahan, sementara sisanya dijual.

Guna menyiasati bentuk lahan memanjang ini, pemilik akhirnya membagi lahan menjadi dua massa bangunan yang dipisahkan oleh taman mungil yang dilengkapi kolam ikan sebagai focal point. Bangunan utama yang terletak di bagian depan diisi oleh ruang-ruang utama seperti ruang keluarga, pantri, kamar tamu serta kamar tidur utama yang dilengkapi oleh walking closet dan kamar mandi di dalamnya. Sementara bangunan di bagian belakang ditujukan sebagai bangunan sekunder yang diperuntukkan sebagai ruang kerja, ruang hiburan dan dapur kotor.

Selain untuk membedakan fungsi ruang, tujuan dari didirikannya dua massa bangunan ini sebenarnya lebih fokus ke arah penghawaan dan pencahayaan. Dengan adanya taman di bagian tengah, udara dapat mengalir lancar ke segala arah dan hampir tiap ruangan pun memiliki bukaan sebagai akses masuknya cahaya matahari dan udara, sehingga ruangan terasa lebih “bernafas”.

Foto : Tri Rizeki Darusman

Desainer Interior : Eduardus Tri Aryo

2 COMMENTS

  1. Yth, saya berencana membeli lahan serupa. uk 8x20m. kira2 budget yg dibutuhkan untuk mewujudkan seperti rumah bapak brp ya?

    ditunggu infonya…terimakasih

    salam,
    susan
    081210928928

LEAVE A REPLY