Merawat Air Plants

Merawat Air Plants
https://choosinghuman.wordpress.com/tag/air/

Tillandsia atau air plants merupakan pilihan tumbuhan yang menarik karena tanaman ini tidak membutuhkan media tanam. Air plants ini dapat menangkap uap air dan debu yang mengandung unsur hara melalui daunnya. Karena itu pula, merawat tanaman ini akan sangat praktis bagi kebanyakan orang, terutama bagi yang sibuk dan tidak punya waktu untuk mengurus tanaman.

Namun, hal ini bukan berarti Tillandsia atau air plants tersebut tidak membutuhkan perawatan sama sekali. Air plants tetap membutuhkan sedikit perhatian agar dapat tumbuh dengan baik. Apa saja yang perlu diperhatikan? [Baca juga: 4 Tanaman yang Mudah Dirawat untuk Interior Ruang]

Penyiraman

Salah satu komponen penting dalam perawatan air plants ialah penyiraman yang teratur. Penyiraman tumbuhan ini dapat menggunakan spray atau merendamnya dalam sebuah mangkuk berisi air. Anda harus memperhatikan daya tahan tumbuhan terhadap kekeringan untuk dapat mengetahui kebutuhannya terhadap air. Misalnya, bila tumbuhan sudah mulai mengerut atau melengkung, itu artinya tumbuhan membutuhkan air. Lama perendaman pun berbeda-beda, berkisar 10-20 menit. Setelah direndam, jangan lupa untuk mengeringkannya beberapa saat agar sisa air tidak merusak akar tumbuhan.

Merawat Air Plants
http://www.abeautifulmess.com/2014/02/how-to-care-for-air-plants-1.html

Pencahayaan

Komponen lain yang tak kalah penting ialah cahaya atau sinar matahari. Air plants sebaiknya ditempatkan pada ruang yang terang dengan cahaya tidak langsung. Entah tumbuhan diletakkan di dalam atau luar ruang, pastikan air plants berada di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Tumbuhan ini juga ramah pada lampu rumah sehingga tidak perlu khawatir seandainya rumah tidak berada di lokasi yang mudah terkena cahaya matahari.

Pemupukan

Tumbuhan ini memang tidak memerlukan media tanam atau pupuk, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Jika Anda mau, air plants bisa diberi pupuk. Namun, pilih pupuk yang memang diformulasikan untuk air plants atau konsultasikan pada ahli mengenai jenis dan frekuensi pemupukan untuk menambah nutrisi yang diperlukan.

LEAVE A REPLY