Merawat Tanaman Air Agar Tumbuh Subur

merawat tanaman air
Tanaman air sangat mudah perawatannya asalkan media tanahnya cocok untuk pertumbuhannya. Apabila diperlukan bisa dilakukan pemupukan, terutama untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas bunga serta menguatkan jaringan batang dan daun. Berikan pupuk NPK (natrium, fosfor, kalium) dengan kandungan fosfor (P) yang lebih tinggi.

Dosisnya sesendok untuk setiap gentong yang dibungkus tisu dan dibenamkan ke dalam media tanahnya. Untuk menghindari banyaknya jentik-jentik air yang mengapung di permukaan air, bisa diberikan beberapa ekor ikan yang banyak tumbuh liar di dasar selokan. Sebaiknya hindari pemakaian bubuk abate yang biasa digunakan untuk memberantas jentik nyamuk, sebab pemakaiannya dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Selain pemupukan, ada tiga hal lain yang harus Anda perhatikan untuk merawat tanaman air, yakni pemilihan wadah, penempatan tanaman serta kualitas air.

Wadah

Gunakanlah wadah (container) yang tidak memiliki lubang di bagian dasar seperti pot karena wadah harus kedap sehingga tidak membuang air. Alternatif yang bisa digunakan berupa gentong dari bahan tembikar, batu alam atau batu artifisial dari beton atau plesteran semen. Jarang sekali digunakan wadah dari kayu untuk container tanaman air karena kontak langsung dengan air yang terus-menerus akan menyebabkan kayu lapuk. Namun, ada yang berkreasi menggunakan lumpang tetapi hanya sebagai tempat display dari tanaman air yag ditanam dalam pot atau ember.

Kualitas Air

Gunakan air tanah untuk pengisi taman air. Hindari pemakaian air PAM karena mengandung kaporit yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman karena air PAM bersifat basa. Secara rutin tambahkan air dalam gentong, karena pasti jumlahnya akan berkurang karena diserap oleh perakaran.

Penempatan

Jenis tanaman yang membentuk bunga akan memerlukan lokasi yang bermandi cahaya matahari. Sebaliknya untuk jenis tanaman yang berdaun saja, bisa lebih toleran terhadap kondisi yang lebih teduh. Bunga teratai akan mekar sampai tengah hari, setelah itu bunga akan menutup menyerupai kuncup bunga, demikian terus menerus sampai 5 hari sampai 7 hari masa mekarnya.

SHARE
Previous articleJenis Tanaman Dan Media Tanam Yang Tepat Untuk Water Garden
Next articleRagam Hias Gentong
Astri Diana
Born to be a writer adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan sosok ibu dua anak ini. Dia bahkan sering memanfaatkan waktu senggang dengan menulis cerita-cerita fiksi.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY